Penerapan Teknik Membaca Nyaring Dalam Kegiatan Menghafal Juz’amma Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Annizhomiyyah Labuan

Authors

  • Tilmidah Fauziah UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Luluk Asmawat
  • Fahmi Fahmi

Keywords:

Kegiatan Menghafal Juz'Amma, Anak Usia Dini, Teknik Membaca Nyaring

Abstract

Kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun dapat menumbuhkan rasa cintanya pada Al-Qur’an dan berpengaruh pada tumbuh kembangnya dimasa mendatang. TK Annizhomiyyah menerapkan kegiatan itu menggunakan teknik membaca nyaring. Penerapannya dengan mengeluarkan suara dalam melafalkan setiap ayat Juz’Amma sesuai makhorijul huruf. Tujuan penelitiannya untuk mengkaji ketepatan teknik membaca nyaring dalam kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun di TK Annizhomiyyah Labuan. Penelitiannya menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasinya dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus negatif, diskusi teman sejawat dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa penerapan teknik membaca nyaring untuk kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun belum berkembang dengan baik, karena karakteristik anak yang berbeda-beda serta kuota anak terlalu banyak mempengaruhi ketepatan teknik tersebut.

References

Agustina, R. (2018). Penerapan Menghafal Juz’Amma Pada Anak Kelompok B Di TK Tahfiz Tunas Mulia Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. 1–12. http://idr.uin-antasari.ac.id/10407/4/BAB I.pdf

Hariyanti, W. E. (2017). Metode Menghafal Al Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tkit Yaa Bunayya Dan Ra Darussalam Yogyakarta). http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26683/1/1520431001_Bab-I_IV-atau-V_Daftar-Pustaka.pdf

Alivanie, N. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma Pada Anak Usia Dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung (BAB II Kajian Pustaka). 1, 1–132. http://repo.uinsatu.ac.id/21079/5/Bab II.pdf

Azhar, M. Y. (2019). Peningkatan Hasil Hafalan Dengan Metode ODOA (One Day One Ayat) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 2 Bandar Lampung. Skripsi, 1–46. http://repository.radenintan.ac.id/9692/1/Cover - Bab I - II - Dapus.pdf

Ma’rufah, D. (2019). Pengaruh Metode Kaisa Terhadap Peningkatan Hafalan Surah Pendek Anak Usia 4-6 Tahun DI TK Aisyiyah Bustanul Athfal 61 Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Skripsi, 90. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5164/1/Megawati Faisal.pdf

Suryana, D. (n.d.). Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-Dasar Pendidikan TK, 1–65. http://repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sabrina, E. (2019). Disiplin Budaya Antri Melalui Teknik Reward Dan Punishment 3-4 Tahun (Ke-1).

Published

2022-12-31