Penerapan Teknik Membaca Nyaring Dalam Kegiatan Menghafal Juz’amma Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Annizhomiyyah Labuan
Keywords:
Kegiatan Menghafal Juz'Amma, Anak Usia Dini, Teknik Membaca NyaringAbstract
Kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun dapat menumbuhkan rasa cintanya pada Al-Qur’an dan berpengaruh pada tumbuh kembangnya dimasa mendatang. TK Annizhomiyyah menerapkan kegiatan itu menggunakan teknik membaca nyaring. Penerapannya dengan mengeluarkan suara dalam melafalkan setiap ayat Juz’Amma sesuai makhorijul huruf. Tujuan penelitiannya untuk mengkaji ketepatan teknik membaca nyaring dalam kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun di TK Annizhomiyyah Labuan. Penelitiannya menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya studi kasus. Subjek penelitiannya kepala sekolah, guru dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasinya dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus negatif, diskusi teman sejawat dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa penerapan teknik membaca nyaring untuk kegiatan menghafal Juz’Amma anak usia 4-5 tahun belum berkembang dengan baik, karena karakteristik anak yang berbeda-beda serta kuota anak terlalu banyak mempengaruhi ketepatan teknik tersebut.
References
Agustina, R. (2018). Penerapan Menghafal Juz’Amma Pada Anak Kelompok B Di TK Tahfiz Tunas Mulia Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. 1–12. http://idr.uin-antasari.ac.id/10407/4/BAB I.pdf
Hariyanti, W. E. (2017). Metode Menghafal Al Qur’an Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tkit Yaa Bunayya Dan Ra Darussalam Yogyakarta). http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26683/1/1520431001_Bab-I_IV-atau-V_Daftar-Pustaka.pdf
Alivanie, N. (2021). Strategi Guru dalam Pembelajaran Menghafal Juz ‘Amma Pada Anak Usia Dini di TK Islam Al Azhaar Kepatihan Tulungagung (BAB II Kajian Pustaka). 1, 1–132. http://repo.uinsatu.ac.id/21079/5/Bab II.pdf
Azhar, M. Y. (2019). Peningkatan Hasil Hafalan Dengan Metode ODOA (One Day One Ayat) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 2 Bandar Lampung. Skripsi, 1–46. http://repository.radenintan.ac.id/9692/1/Cover - Bab I - II - Dapus.pdf
Ma’rufah, D. (2019). Pengaruh Metode Kaisa Terhadap Peningkatan Hafalan Surah Pendek Anak Usia 4-6 Tahun DI TK Aisyiyah Bustanul Athfal 61 Sampangan Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Skripsi, 90. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5164/1/Megawati Faisal.pdf
Suryana, D. (n.d.). Hakikat Anak Usia Dini. Dasar-Dasar Pendidikan TK, 1–65. http://repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sabrina, E. (2019). Disiplin Budaya Antri Melalui Teknik Reward Dan Punishment 3-4 Tahun (Ke-1).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ