Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Iin Aprionita Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratih Kusumawardani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tri Sayekti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.7561

Keywords:

Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian, PTM Terbatas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) guru membuat perencanaan pembelajaran di awal semester, adapun perencanaan yang dibuat berupa program tahunan, program semester, RPPM, dan RPPH; (2) pelaksanaan pembelajaran setiap hari dengan jumlah peserta didik 100% dengan jumlah peserta didik setiap kelas terdiri dari 10-13 anak, dan lama belajar 150-180 menit. Sekolah berusaha menjaga protokol kesehatan dengan berbagai fasilitas dan pengaturan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup; (3) guru melakukan penilaian pembelajaran setiap hari dengan menggunakan teknik pengkodean, A untuk BSB (berkembang sangat baik), B untuk BSH (berkembang sesuai harapan), C untuk MB (mulai berkembang), dan D untuk BB (belum berkembang). 

References

BAN PAUD PNF. (2019). Hasil Akreditasi BAN PAUD dan PNF 2019. http://akreditasi.banpaudpnf.or.id/laporan/280000

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Pengingkatan Kualitas Guru. TADBIR: Junal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1).

Fitri, A. E., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 2(1), 3.

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahamai PAUD (1st ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Inmendagri. (2022a). Inmendagri Nomor 03 Tahun 2022 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Jawa dan Bali.

Inmendagri. (2022b). Nomor 05 Tahun 2022.

Ita, E. (2018). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK RUTOSORO KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA FLORES NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/889/671

Izzati, S., & Anwar, E. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Sekolah Alam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 1(1).

Jaya, H. N., Idhayani, N., & Nasir. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566–1576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

MENDIKBUD. (2020). SE NO 4 TAHUN 2020.

Nadzir, M. (2013). Perencanaan Pembelajaran Berbasisi Karakter. Jurnlal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 342.

Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru PAUD Dalam Penilaian Perkembangan Anak di Masa Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2).

Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. MANAJEMEN PENDIDIKAN, 24(5).

Rosidah, L. (2017). Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini. FKIP UNTIRTA PUBLISHING.

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Deepublish.

Safitri, A., Kabiba, Nasir, & Nurlina. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285–311. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Satori, D., & Komariah, A. (2013). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. ALFABETA.

Sayekti, T., Boeriswati, E., & Yetti, E. (2022). Teacher’s Educational Knowledge Ability to Implement Holistic and Integrated Learning in PAUD Lesson Plan. Journal of World Englishes and Educational Practices, 4(1). https://doi.org/10.32996/jweep

SKB Empat Menteri. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). ALFABETA.

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Published

2023-06-30