Pembelajaran Project Based Learning Dengan Menggunakan Sosial Media You Tube Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran

Authors

  • Ruski Ruski STKIP PGRI Bangkalan
  • Yusrianto Sholeh STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v3i2.1667

Keywords:

Pembelajaran Project Based Learning.

Abstract

Pembelajaran Project Based Learning dengan menggunakan sosial media You Tube pada mata kuliah media Pembelajaran diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk membentuk karakter berbahasa sopan, dan meningkatkan pendapat dengan baik dan meningkatkan kemampuan analisis serta imajinatif, sehingga mahasiswa termotivasi dan semangat mahasiswa dalam mengunakan metode media ajar untuk mengurangi rasa jenuh dalam proses belajar-mengajar dikelas. 

Metode penelitian menggunakan “metode penelitian kualitaitfâ€. Penelitian yang menggunakan metode kualitatif lebih mengutamakan proses daripada hasil. Proses berperan penting pada penelitian kualitatif karena yang diteliti lebih jelas, jika dilakukan dalam proses pengamatan (Moleong dalam lestari, 2017:196). Data yang dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu menyimak video di YouTube dan membaca komentar-komentarnya, jumlah like, jumlah video di tonton oleh warganet, dan wawancara mahasiswa lalu menelaah data dan menyimpulkan. Penelitian ini dilakukan dikampus STKIP PGRI Bangkalan pada program studi Pendidikan Ekonomi Semester IV, Penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran meningkatkan antusias mahasiswa untuk mengerjakan tugas Media Pembelajaran

Kata kunci: Pembelajaran Project Based Learning.

References

AdinugrohoFajar, 2009, Analisis tingkat kualitas pelayanan dalam peningkatan kepuasan pelanggan air bersih pada PDAM Tirta Lawu Karang Anyar. Universitas 11 Maret Surakarta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Aritonang, R, Lerbi. 2005. Kepuasan pelnggan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 444

Daftar Pelanggan PDAM, 2016. PDAM Sumber Pocong

Kotler, Amstrong. 2009, Prinsip – Prinsip Pemasaran 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyadi, Hamdani. 2006. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: salemba empat.

Nurfarhana Anna, 2012, pengaruh kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan PT. Telkom. Universitas Indraplasta PGRI

Payne, Adrian. 2000. The Essence of Service Marketing. Harlow: Prentice Hall.

Putri Agustina Putri Anandar, 2015. Pengaruh kualitas pelayanan jasa PDAM Tirta Kencana kota Samarinda terhadap kepuasan pelanggan diwilayah kelurahan sungai Pinang dalam Kecamatan Sungai Pinang.Universitas Mulawarman.

Rangkuti Freddy. 2006. Teknik mengukur dan strategy meningkatkan kepuasan pelnggan. Jakarta: gramedia pustaka utama.

Ruski, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-Iis Di Sman 1 Kamal. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1).

Ruski, R. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Diskusi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Arosbaya. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 1(1), 65-78.

STKIP, 2016. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Badan Penerbitan Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2006. Pelayanan jasa. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Additional Files

Published

2019-12-30