Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences Di Smk Negeri 4 Jember
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v3i2.1706Keywords:
multiple intelligences, ekonomi bisnis, prestasi belajar, pembelajaran.Abstract
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ekonomi bisnis sering dianggap sulit oleh para siswa. Hal ini diindikasikan oleh hasil belajar siswa yang kurang memuaskan yang berakibat pada proses belajar mengajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi bisnis dengan model pembelajaran multiple intelligences semester gasal kelas X AP 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengambilan data metode observasi dan metode dokumemter. Setelah dilakukan penelitian di dapatkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran multiple intelligences Data yang diperoleh dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa (kreatifitas dan evaluasi). Dimana prestasi belajar siswa (kreatifitas) pada komponen bertanya pada guru 13,88% meningkat menjadi 30,55%, komponen menjawab pertanyaan guru yang sebelumnya 22,22% pada pra tindakan meningkat menjadi 36,11%, komponen memberi pendapat yang sebelumnya 16,66% pada pra tindakan meningkat menjadi 19,44%, untuk komponen memahami tugas yang diberikan pada pra tindakan 30,55% meningkat menjadi 69,44%. Sedangkan perolehan prestasi belajar siswa (evaluasi) dengan perolehan nilai evaluasi < 60,00 pada pra tindakan 50% meningkat menjadi 36,11%, nilai 60 - 69 pada pra tindakan 33,33% meningkat menjadi 41,66%, dan perolehan nilai 70 - 80 pada pra tindakan 16,67% meningkat menjadi 22,22%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan model pembelajaran Multiple Intelegences dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 4 Jember, serta model pembelajaran ini dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada mata pelejaran Ekonomi Bisnis.
References
Amstrong, Thomas. 2002. 7 Kinds of Smart. Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Chatib,Munif,2010.Gurunya Manusia.jakarta:pendidikan Nasional MP Book Poin.
Sunaryo Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kemp, Sanjaya, 2008 : 126 Strategi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia
Degeng, 1989 Strategi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Howard Gardner, 1983 Psikolog Project Zero: Harvard University
Hamalik, 2004: 27 Strategi Pembelajaran Mutu. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama