Efektivitas Penggunaan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas

Authors

  • Yuliana FH Universitas Sriwijaya
  • Dewi Pratita Universitas Sriwijaya
  • Deskoni Deskoni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.20538

Keywords:

Interactive Media, Learning Outcomes, Lectora Inspire

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan model one group pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi pada mata kuliah Pembelajaran Digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang akan dianalisis dengan analisis statistik parametris dengan uji paired sample test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh rerata nilai pretest 74,44 dan posttest 90,56, sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran digital sebesar 16,12. Selanjutnya, pada pengujian prasayarat analisis data penelitian terdistribusi normal dan dilakukan uji paired sample test diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan media interaktif berbasis lectora inspire pada mata kuliah pembelajaran digital. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media interaktif lectora inspire efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hal ini didukung oleh penyajian media pembelajaran yang menarik karena disajikan dengan memasukkan berbagai unsur teks, video, animasi, audio dan kuis interaktif yang dapat memberikan umpan balik secara langsung sehingga memberikan pengalaman belajar yang mampu memotivasi mahasiswa untuk belajar dan mencapai tujuan pembelajaran.

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire The Development Of Biology Learning Media Of Material. 6, 41–46.

Aziz, M. T., Ariga, S., Haris, A., Mahasiswa, S., Universitas, P. A. I., Malang, M., & Universitas, D. A. I. K. (2022). Hybrid Learning dalam Pembelajaran PAI Pasca Pandemi Covid-19 Hybrid Learning in PAI Learning After the Covid-19 Pandemic. 2(2), 690–695.

FH, Y., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021a). A Need Analysis in Developing Interactive Digital Teaching Materials Using Contextual Approach in Microeconomic Theory Course. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Atlantis Press, 513, 243–248. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.113

FH, Y., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021b). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13875

Gultom, J. R., Sundara, D., & Fatwara, M. D. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22. https://doi.org/10.55122/mediastima.v28i1.385

Hidayati, L., Amalyaningsi, R., Ningrum, W. A., Nurhayati, U., & Wakhidah, N. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning di MTs Negeri 2 Sidoarjo. PENSA E-JURNAL:Pedidikan Sains, 10(1), 155–160. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Hima, L. R. (2019). Pengembangan MILEA ( Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139.

Irwandani, Umarella, S., Rahmawati, A., Meriyati, & Susilowati, N. . (2019). Interactive Multimedia Lectora Inspire Based on Problem Based Learning : Development in The Optical Equipment Interactive Multimedia Lectora Inspire Based on Problem Based Learning : Development in The Optical Equipment. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012011

Kristanto, S. A., Harti, Wulandari, S. S., & Patrikha, F. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora. PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(2), 84–94.

Longa, A. evarista. (2021). penggunaan aplikasi Google Classroom. Journal on Teacher Education, 2, 50.

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Mahmudah, A., & Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran Development Of Interactive Learning Media Based On Lectora Inspire In Ad. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1).

Mudinillah, A. (2019). The Development of Interactive Multimedia Using Lectora Inspire Application in Arabic Language Learning. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 285–300. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.570

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1), 659–663.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Pamungkas, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz. Majalah Lontar, 32(2), 57–68. https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://journal.unusida.ac.id/index.php/jrt/article/view/152

Sanca, P. A., Ekohariadi, Asto Buditjahjanto, I., & Rijanto, T. (2021). Pemanfaatan media lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar di smk negeri 3 surabaya. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika, 06(02), 277–285.

Verawati, & Desprayoga. (2019). Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1183–1192.

Wiranata, F. (2022). Pengaruh Media Berbasis Lectora Inspire Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 444–452.

Downloads

Published

2023-12-18