Peran Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha

Authors

  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Prodi Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Prodi Manajemen Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. Rudi Irwansyah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2064

Keywords:

Minat Berwirausaha, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan,

Abstract

Pengetahuan kewirausahaan yang diberikan setiap perguruan tinggi diharapkan mampu meningkatkan minat mahasiswa berwirausaha. Akan tetapi jika tidak dibekali motivasi yang tinggi, mustahil untuk menciptakan wirausaha. Penelitian ini bertujuan menguji peran pengetahuan kewirausahaan dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Undiksha. Responden yang digunakan adalah 78 orang mahasiswa yang pernah mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Teknik pengumpulan data digunakan dengan kuisioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dimana akan menguji pengaruh secara langsung pengetahuan kewirausahaan dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Undiksha. Penelitian ini juga akan menguji pengaruh tidak langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Undiksha melalui motivasi Hasil penelitian menemukan bahwa pengetahuan kewirausahaan dan motivasi berpengaruh langsung terhadap minat berwirausaha mahasiswa Undiksha. Hasil penelitian menemukan pula variabel motivasi mampu memediasi secara parsial pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Undiksha.

References

Buchori, Alma. 2011. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. 2012. Minat mahasiswa menjadi wirausaha (studi mahasiswa fakultas ekonomi universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosbud, 14(1), 89–101.

Fuadi, Iski Fadli. Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa kelas XII Teknik Otomotif SMK Negri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal PTM Volume 9, Desember 2009, hlm 92-98.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Loso. 2008. Kecenderungan Sarjana Menjadi Pegawai Negeri Sipil Yang Berdampak Pada Rendahnya Minat Berwirausaha Di Eks Karesidenan Pekalongan. Jurnal Pena Justisia Vol. 7 No. 13.

Mustofa. Muhamad. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman. Thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2007. Pendidikan dan Perilaku. Cetakan 2 Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Schrunk, D. H.,Pintrich, P. R., &Meege, J. L. 2012. Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian dan Aplikasi.Jakarta: PT. Indeks.

Sholihin, M. Ratmono, D. 2013. Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 3.0. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Edisi 13. Bandung: Alfabeta.

Suharsono, Naswan. 2018. Pendidikan Kewirausahaan Dari Teori Ke Aplikasi Model Patriot Sejati. Jakarta : Raja Grafindo

Wanto, S.F. 2014. Hubungan Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas SMK N 1 Seyegan. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Widayana L.(2005). Knowladge Management,Meningkatkan Daya Saing Bisnis, Malang: Bayu Media.

Downloads

Published

2020-06-28