Peranan SMK Negeri 3 Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kota Palangka Raya

Rinto Alexandro, M. Rudi Irwansyah

Abstract


Peranan SMKN 3 dalam mengembangkan ekonomi kreatif di kota Palangka Raya yang dirasa kurang optimal baik dalam pengembangan maupun dalam hal pemasaran industri kreatif dari produk sekolah menengah kejuruan yang bertujuan untuk mengetahui peranan sekolah menengah kejuruan dalam membantu perkembangan ekonomi kreatif di Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode kualitatif, didasarkan atas kenyataan yang sedang berlangsung sekarang. Instrumen yang digunakan adalah: lembar observasi, wawancara. Teknik analisis  data digunakan reduksi data, penyajian data, atau display data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peranan SMKN 3 dalam mengembangkan ekonomi kreatif di kota Palangka Raya yaitu sekolah berperan penting dalam pengembangan ekonomi kreatif di kota Palangka Raya. Sekolah sebagai fasilitator dan devisiator serta menjadi wadah dalam pengembangan produk baik kerajinan tangan maupun industri mesin serta dalam bidang jasa. SMK sebagai lembaga pendidikan kejuruan merupakan awal titik balik sebagai motor penggerak ekonomi dan sosial di masyarakat. SMK diharapkan mampu menciptakan efek ganda yaitu mendorong capaian pendidikan warga sekaligus juga berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di kota Palangka Raya. Kendala yang dihadapi SMK yaitu terbatasnya anggaran dan fasilitas serta daya saing produk dalam masyarakat.

Keywords


ekonomi kreatif; Palangka Raya;

Full Text:

PDF

References


Akerklof George, Paul M. Romer,. (1993). Looting : The Economic Underworld of. Bankruptcy for Profit. Bank Indonesia.

Evans, Rupert N, dan Edwin, Lewis H. 1978. “Foundation of Vocational. Educationâ€. Columbus. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas.Penguins Books, London.

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif tahun 2009-2015

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) 2010

Mahfud, Tuatul. (2014). Peran SMK sebagai specific human capital dalam membangun perekonomian Indonesia: Tesis

Maknun, Johar. (2012). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Ekonomi Kreatif di Tenggarong: Jurnal FPTK UPI

Miles BM, & Huberman M. (1992). Analisis Data Kualitataif , UI-Press, Jakarta

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rasul, Djuharis. (2013). Pengembangan ekonomi kreatif, dan kewirausahaan dalam belajar aktif di Sekolah Menengah Kejuruan: Skripsi tidak dipublikasikan.

Raho, Bernard. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Saputri, Febriana (2014). Peran dinas pariwisata dalam mengoptimalkan obyek wisata cagar budaya Bukit Kerang di Kabupaten Bintan. Naskah Publikasi.

Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif-Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian, Sebelas Maret University Press, Surakarta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alpabeta Bandung.

Soekanto, Soerjono. (2002). Teori Peranan, Jakarta, Bumi Aksara

Spillane, James. (1998). Ekonomi Pariwisata, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius.

Utomo, Fajar Hendro. (2009). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Bisnis dan Manajemen Berbasis Sektor Perdagangan di Kabupaten Tulungagung: Laporan Penelitian

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang tentang sistem pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang sekolah menengah kejuruan

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Sekolah menengah kejuruan

Pitana, I Gede & Geyarti, I Putu G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta: Andi

Pearce, D. (1981). Tourist Development. New Zealand : University of

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yoeti, A.O. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramitha

Yoeti, A.O. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta : PT. Pradnya Paramita

Yohanes, Yulius & Ruslizar. (2014) “Masyarakat pada dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Kalimantan Barat dalam promosi pariwisata: Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN-2014.

http://digilib.unila.ac.id/85/8/BAB%20II.pdf




DOI: https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Copyright (c) 2022 JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JPEK Stats

JPEK (Jurnal Pedidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)

Universitas Hamzanwadi
TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid No. 132 Pancor, Selong Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, KP. 83612