e-Service Quality melalui e-Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening terhadap e-Customer Loyalty pada Lozy Hijab

Authors

  • Sabrina Hanun Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga
  • Ari Prasetyo Faculty of Economic and Business Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.21476

Keywords:

E-Customer Loyalty, E-Customer Satisfaction, E-Service Quality

Abstract

E-service yang diberikan oleh pelaku bisnis merupakan penentuan dari konsumen merasa puas dengan produk yang dijual, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan akan merekomendasikan produk tersebut pada orang lain.  Lozy Hijab merupakan salah satu pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-Service Quality terhadap e-Customer Loyalty pada konsumen Lozy Hijab dengan efek mediasi oleh e-Customer Satisfaction. Sampel yang digunakan sebanyak 176 konsumen yang pernah membeli Lozy Hijab dengan menggunakan teknik analisis SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-Service memiliki hubungan signifikan terhadap e-Customer Satisfaction kemudian e-Customer Satisfaction memiliki hubungan signifikan terhadap e-Customer Loyalty, kemudian e-Service Quality memiliki hubungan signifikan terhadap e-Customer Loyalty, kemudian e-Service Quality memiliki hubungan signifikan terhadap e-Customer Loyalty dengan e-Customer Satisfaction sebagai efek mediasi. 

Author Biographies

Sabrina Hanun, Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

Departemen Ekonomi Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Airlangga

Ari Prasetyo, Faculty of Economic and Business Universitas Airlangga

Islamic Economics Department
Faculty of Economic and Business
Universitas Airlangga

References

Ahmed, S., Al Asheq, A., Ahmed, E., Chowdhury, U. Y., Sufi, T., & Mostofa, M. G. (2023). The intricate relationships of consumers’ loyalty and their perceptions of service quality, price and satisfaction in restaurant service. TQM Journal, 35(2), 519–539. https://doi.org/10.1108/TQM-06-2021-0158

Anser, M. K., Tabash, M. I., Nassani, A. A., Aldakhil, A. M., & Yousaf, Z. (n.d.). Toward the e-loyalty of digital library users: investigating the role of e-service quality and e-trust in digital economy. https://doi.org/10.1108/LHT-07-2020-0165

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares: konsep, teknik, dan aplikasi menggunakan program SMARTPLS 3.2.9. Undip.

Hidayah, F. E., Brawijaya, U., & Suryadi, N. (n.d.). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY MELALUI E-SATISFACTION PADA PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA.

Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Bukalapak. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2), 1–11.

Raza, S. A., Umer, A., Qureshi, M. A., & Dahri, A. S. (2020). Internet banking service quality, e-customer satisfaction and loyalty: the modified e-SERVQUAL model. TQM Journal, 32(6), 1443–1466. https://doi.org/10.1108/TQM-02-2020-0019

Venkatakrishnan, J., Alagiriswamy, R., & Parayitam, S. (2023). Web design and trust as moderators in the relationship between e-service quality, customer satisfaction and customer loyalty. TQM Journal. https://doi.org/10.1108/TQM-10-2022

Downloads

Published

2023-12-18