Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Aerostreet Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • IBN Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Putri Dwi Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Enggar Enriko Feri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v8i2.24791

Keywords:

Instagram Social; Media Promotion; Product Design; Purchase Decision; Purchase Interest

Abstract

Di era modern saat ini, berkembangnya fashion sepatu menjadi identitas sendiri untuk anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desain Produk dan Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli, kemudian Desain Produk dan Promosi Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian, dan yang terakhir Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Pada penelitian ini bersifat Deskriptif Kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner secara online melalui Google form. Dalam penelitian ini menggunakan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Berganda, Uji Hipotesis dan uji Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Produk dan Promosi Media Sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, Desain Produk Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Promosi Media Sosial Instagram tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata Kunci : Desain Produk; Promosi Media Sosial Instagram; Minat Beli; Keputusan Pembelian.

References

Al Hafizi, N. A., & Ali, H. (2021). Purchase Intention and Purchase Decision Model: Multi Channel Marketing and Discount on Medcom.Id Online News Portal. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 460–470. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i3.826

Andriyanto, R. (2019). Pengaruh kepercayaan Presepsi Manfaat, dan presepsi kemudahan penggunaan terhadap minat beli toko online. Universitas Negeri Yogyakarta.

Annisa Heny, Y., & Imroatul, K. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi 15, 15(1), 14.

Arroji, L., & Dewi Ruspitasari, W. (2022). The Effect Of Social Media Promotion Instagram, Word Of Mouth (WOM), And Online Customer Review On Students’ Decisions To Take Tutoring In Brits Indonesia Institutions. International Journal of Science, Technology & Management, 3(5), 1349–1356. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i5.619

Azwar, M., & Sulthonah, S. (2018). The_Utilization_of_Instagram_as_a_Media_Promotion_ (1). Journal of Islam and Humanities, 2(2), 147–159.

Warno dan Rahmawan Ginanjar, W. (2022). Factor Affecting Interest in Buying Local Aerostreet Shoes. Ekonomi,Manajemen, 2(2), 1–13.

Dani Haris. (2019). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). At-Tasyri’: Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 2(2), 21–41. https://doi.org/10.47498/tasyri.v11i1.277

Dila Khoirin anisa, & Novi Marlena. (2022). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 207–218. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610

Halbert Kurniadi. (2022). JMBK_HALBERT_KENI_199-212.pdf. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/22573/13683

Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kuhu, T. T., Tumbel, A. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2801–2810.

Mustika, A., Habibie, F. H., Ratnaningtyas, H., & Noveti, V. (2021). Promotion of Instagram and Purchase Intention: A Case of Beverage Business at Covid-19 Pandemic. TRJ Tourism Research Journal, 5(1), 78. https://doi.org/10.30647/trj.v5i1.115

Putri & Sisilia. (2021). Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Iphone 11 ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Bisnis Telkom University ) Influence Of Product Design And Product Quality On Purchase Decisions On Iphone 11 ( Cas. 8(5), 5823–5845.

Samsudin, A., Hidayat, R., Manurung, Z. M., Ayu, A. W., Prameswari, M. A., & Restiatin, R. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Desain Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Emas. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–631. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2847

Setiawan, O. A., & Santosa, M. E. (2020). Bekerjanya Efek Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Desain Produk Pada Sikap Dan Niat Beli Konsumen. Optimal, 17(2), 1–19. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/download/642/522

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Downloads

Published

2024-08-01