Perilaku Konsumen Gen Z Dalam Mengkonsumsi Produk Minuman Mixue Viral Harga Murah
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.29877Keywords:
Konsumen, Generasi Z, produk, Perilaku BerwirausahaAbstract
This study aims to analyze the behavior of Generation Z consumers in consuming viral drink products, particularly Mixue, known for its affordability. The methodology employed in this research is a phenomenological approach, allowing for a deep understanding of consumers' subjective experiences and how these influence their purchasing decisions. Data were collected through in-depth interviews, observations, and documentation from various informants who belong to Generation Z. The findings indicate that consumers' purchasing decisions are influenced by three main factors based on the Theory of Planned Behavior: behavioral control, subjective norms, and attitudes toward behavior. Consumers tend to consider perceptions of reasonable costs and high product quality. Moreover, the influence of social media and recommendations from friends proved to be significant in motivating consumers to try Mixue. The social experiences associated with shopping, often involving interactions with peers, are believed to enhance satisfaction and brand loyalty. These findings provide crucial insights for business practitioners in formulating more effective and sustainable marketing strategies, particularly in reaching young consumers in the digital age
References
Albari, & Atika Kartikasari. (2019). Pengaruh Kualitas , ProdukKualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.
Alghizzawi, M. (2019). Peran pemasaran digital dalam perilaku konsumen: Sebuah survei. Dalam International Journal of Information Technology and Language Studies (IJITLS) (Vol. 3, Issue 1). http://journals.sfu.ca/ijitls
Anderson, , CA& Dill, KE (2024). Video game dan pikiran, perasaan, dan perilaku agresif di laboratorium dan dalam kehidupan. Jurnal Psikologi , Kepribadian dan Sosial78(4), 772 - 790. https://doi.org/10.1037/0022- 3514.78.4.772
Aripin, Z., & Matriadi, F. (2024). Paradoks : Harga NolKapan dan Mengapa Harga Nol Kurang Efektif Dibandingkan Harga Murah Dalam Mendorong Permintaan Konsumen. Dalam Kisa Institute (Vol. 1, Issue 3). www.Kisainstitute.com1
Ariyanto, Z. R., Sari, N. P., Nurhidayah, O., Hikmahwati, R., Hayat, S., & Sulistyono, Y. (2023). Kajian Fenomena Kesenjangan Generasi dalam Konteks Kehidupan Kampus dari Perspektif Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 193-208. https://doi.org/10.23887/jiis.v9i2.70980
Ayuni, R. F. (2019). Kebiasaan belanja online dan e-loyalitas Gen Z sebagai penduduk asli di era digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 34(2), 168.
Citra Christiani, L., & Ikasari, P. N. (2020). Kajian Fenomena Kesenjangan Generasi dalam Konteks Kehidupan Kampus dari Perspektif . Ilmu KomunikasiJurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Citra, P., Produk, K., Minat, T., Ulang, B., Produk, P., Sidoarjo, M. Di, Rachmawati, D., Yulianto, R., Pebrianggara, A., & Sidoarjo, U. M. (2024). Pengaruh Citra , MerekPromosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Di Sidoarjo. Dalam Manajemen Jurnal Studi dan Kewirausahaan (Vol. 5, Issue 2). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Courtney, D. A. (2020). Menjelajahi Kepedulian Lingkungan Generasi Z dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian mereka.
Cynthia Kumala, D., Wilson Pranata, J., Thio, S., Manajemen Perhotelan, P., & Bisnis dan Ekonomi Universitas Kristen Petra, F. (2020). Generasi X di Surabaya. Jurnal Manajemen , Perhotelan6(1), 19-29. https://doi.org/10.974 4/jmhot.6.1.19-29
Dertwinkel-Kalt, M., & Wey, C. (2023). Pemeliharaan Harga Jual Kembali dalam Model Monopoli Berturut- turut *. https://ssrn.com/abstract=3764435
Devina, A., & Rahayu, W. A. (2022). Jurnal Internasional Current Science Research and Review Evaluasi Perilaku Konsumen dan Segmentasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Pasar Mie Instan Indonesia. https://doi.o rg/10.47191/ijcsrr/V5-i4-38
Dewanthi, Y., & Permana, E. (2022). Strategi Mempertahankan Usaha Waralaba Pada Minuman Mixue di Indonesia. Jurnal Bisnis Keuangan dan Ekonomi (JBFE), 3(2). https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe
Dewi, F. M., & Sulivyo, L. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Bauran Pemasaran Terhadap Produk. Keputusan Pembelian APTISI Transaksi Manajemen, 6(2), 151-157.
Elkatmış, M. (2024). Pemeriksaan kebiasaan penggunaan media sosial generasi Z. Perbatasan dalam Psikologi, 15, 1370823.
Fauziyyah, N. (2019). Etika Komunikasi Mahasiswa Digital Natives Melalui Media Komunikasi Daring Kepada Pendidik: Perspektif Pendidikan. Jurnal Pedagogik, 06(02). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Febryan Nanda Margiantoro. (2024). Generasi X di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen .Perhotelan
Field, D. (2024). Rekrutmen dan Retensi: Peran Fleksibilitas dan Tunjangan dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Karyawan Gen Z.
Fitri Wahyuni, H., Puspita, Y., & Effendi, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua di Era . Generasi ZPPSDP Jurnal Pendidikan Internasional, 2(1), 27-34.
Grigoreva, E. A., Garifova, L. F., & Polovkina, E. A. (2021). Perilaku konsumen dalam informasiekonomi : Generasi Z. .International Journal of Financial Research, 12(2), 164-171
Gunawan, L., Haryono, S., & Andreani, F. (2021). Social media influencer, kesadaran merek, dan keputusan pembelian di kalangan generasi z di Surabaya (Doctoral ).dissertation, Universitas Kristen Petra
Hani Ayu Rahmatiah1, & Nur Asiyah2. (2019). Kesenjangan Generasi Antara Guru dan Murid sebagai Tantangan Digitalisasi Pendidikan.
Hanaysha, J. R., Al Shaikh, M. .E, & Alzoubi, H. M. (2021). Pentingnya elemen bauran dalam menentukan keputusan pembelian konsumen di pasar ritel. International Journal pemasaran of Service Science, Management, Engineering, and Technology (IJSSMET), 12(6), 56-72.
Ike Wardani, S., Widayani, A., Latifah, N., Rachmawati, I., Rani Arifah Normawati, Normawati, dan, Arifah R., & Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, A. (2024). Pendidikan Kewirausahaan dalam Membangkitkan Jiwa Kewirausahaan bagi Generasi Z. Multiple: Jurnal Global dan Multidisiplin, 2, 997-1005. https://journal.institercomedu.org/index.php/multipleinstitercompublisherhttps://journal.institercom- edu.org/index.php/multiple
Indrayanti, W., & Dinar Iskandar, D. (2020). Theory of Planned Behavior dan Minat Berwirausaha Pemuda di Kabupaten Tegal. Aset: Jurnal Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Kholifatun Nisa, O. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Tempat Belanja. 1(7).
Jacobsen, S. L., & Barnes, N. G. (2020). Media sosial, generasi Z, dan perilaku buruk konsumen: Instagram membuat saya . Jurnal Pengembangan Pemasaran dan Daya Saing, 14(3). Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Meraih Gelar Sarjana Ekonomi Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Generasi Z di Sumatera Selatan) SKRIPSI.Emina
Kurniawan Prakosa, L., Fadhillah, I., & Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya, S. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Furniture Di Kawasan Bulak Banteng Kota . SurabayaNeraca , ManajemenIlmu Ekonomi,7.https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Lahtinen, V., Dietrich, T., & Rundle-Thiele, S. (2020). Hidup bauran . pemasaranMenguji efektivitas bauran pemasaran komersial dalam konteks pemasaran sosial. Jurnal Pemasaran Sosial, 10(3), 357-375.
Liberato, P., Aires, C., Liberato, D., & Rocha,. (2019). Generasi Z dan penggunaan selama teknologi perjalanan. Dalam Pengetahuan Baru dalam Sistem dan Teknologi : InformasiVolume 1 (pp. 77-90). Springer International Publishing.
Mahmudah, D. (2019). Upaya Memberdayakan Tik dan Melindungi Generasi Z di Era Digital. Jurnal Manajemen, , 1-10Mardiyah, 2(1). (2023). S. Peran Nilai Pelanggan Terhadap Buzz Marketing, Harga, Produk Differentiation On Repurchase Decisions At The Mojosari Mixue Outlet Peran Customer Keputusan Ulang Value Pada Buzz Marketing, Price, Product Differentiation Terhadap Pembelian Di Gerai Mixue Mojosari. Dalam Jurnal Studi Manajemen dan Kewirausahaan (Vol. 4, Issue 4). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Muhammad, Alzikri, R., Alzikri, M. R., Susanti, F., (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup, Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Second Hand Pada Toko Pakaian Bekas Cowboy Collection Di Air Tawar Padang Di Era Pandemi Covid-19. (Vol. 1, Issue 2).
Muhammad Arrasy Izatullah. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan Pada UMKM Mixue. Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Pelanggan Pada UMKM Mixue.
Mulyani, S. (2022) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jam Tangan. Merek LorenzoJurnal Ekonomi dan Bisnis (Jebs), 2(1), 28-43. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.60 Mulyani, R. A., & Chang, A. (2019). Memahami konsumen : digitalPreferensi belanja online generasi z. Jurnal internasional teknologi dan rekayasa , terkini8(2), 925-929.
Nazarudin dan Anastasia Imelda Sayd Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri kupang Jln Adisucipto Penfui, H., & Lima, K. (2023). Penerapan Theory of Planned Behavior untuk Memprediksi Niat Berkunjung ke Tempat Wisata Kabupaten Lembata pada Masa Pandemi Covid 19.
Nurlina, M., Anggraini, A., & Meriyandah, H. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Generasi Z di Stikes Medistra Indonesia Tahun 2022. https://journal- mandiracendikia.com/jbmc
Pika, P. A. T. P. (2023). Strategi Pemasaran untuk Menarik Minat Beli Konsumen . Generasi MilenialIlomata International Journal of Management, 4(4), 518-529.
Pika, P. A. T. P. (2023, Mei). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Mixue terhadap Minat . Beli Konsumen Generasi MilenialIn Konferensi Internasional Bisnis dan Teknologi (pp. 330-339). Cham: Springer Nature Switzerland.
Program, L. 1, Manajemen, S., Bisnis, F., & Akuntansi, D. (2024). Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 205-212. https://doi.org/10.5281/zenodo.10519919
Purba, N. D., & Retno, P. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak Generasi Z dalam Menghadapi Era 5.0. industri Jurnal Didaskalia, 6(1), 11-22. https://doi.org/10.33856/didaskalia.v6i1.297
Puspitasari, I., & Aprilia, M. P. (2022). Penetrasi Sosial dalam Mencari Pasangan pada Kencan Online Aplikasi Bumble. Mukasi: Jurnal Ilmu , Komunikasi1(3), 196-211. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i3.986
Putu, I., Suryagita, D., Putra, S., Putra Mardika, A., Indra, I. A., & Dewi, K. (2023). Jis Siwirabuda. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Minat Belanja di Mixue Wilayah Tabanan. https://doi.org/00.00000
Rizqiyatul Khoiriyah. (2019). Analisis Usability (Kegunaan) Aplikasi WhatsApp Messenger Sebagai Media Komunikasi Bagi Generasi X, Y, Z.
Roblek, V., Mesko, M., Dimovski, V., & Peterlin, J. (2019). Teknologi pintar sebagai inovasi sosial dan masalah sosial yang kompleks pada. generasi ZKybernetes, 48(1), 91-107.
Rosyihuddin, M., Prasetyo, B., Sholichah, minatus, Adil, M., & Soelistya, D. (2022). Pentingnya Kualitas, ProdukPersepsi Harga dan Kualitas Layanan dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan. Artikel dalam Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) Humaniora dan Sosial Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4252
Salam, K. N., Singkeruang, A. W. T. F., Husni, M. F., Baharuddin, B., & AR, D. P. (2024). Strategi Pemasaran Gen-Z. Strategi Pemasaran: Memahami Preferensi Konsumen dan Membangun Hubungan yang Berkelanjutan. Rasio Emas Pemetaan Ide dan Format , Literatur4(1), 53-77.
Sinaga, S. O. (2024). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Full Costing Metode Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Karet Pada PT. Sinar Belantara Indah. Luxury: Lanskap Administrasi , Bisnis2(1), 26-58. https://doi.org/10.61230/luxury.v2i1.66
Sintiawati, N. (2020). Perilaku Masyarakat dalam Menggunakan Media Digital di Pandemi.
Situmorang, M. K. (2021). Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Penggunaan Uang Elektronik (DigitalDompet ) sebagai Sarana Pembayaran Selama Pandemi Covid-19 di Kota . Medan4(1). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6646
Soleh Mauludin, M., Perilaku Konsumen Dalam, A., Dewa Saputra, A., Zulfika Sari, A., Munawaroh, I., & Pramesti Regita, E. (2020). Analisis Transaksi Perilaku Konsumen Dalam pada e-Commerce. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.ph p/proceedings Subawa, N. S., Widhiasthini, N., , PT. P., . A. Suryawati, P. I., & Astawa, I. N. D. (2020). generasi Perilaku Z dan produk murah di era disrupsi. Internasional Jurnal Kajian , Ilmu Sosial dan Manajemen3(3), .1-12
Surapati, U., & Mahsyar, S. (2020). Hubungan Antara Perilaku , KonsumenDiskon Dan PembelianKeputusan . Riset Bisnis dan Akuntansi (Ijebar) Peer Reviewed- InternasionalJurnal , 4. https://jurnal.stie- aas.ac.id/ index.php/Ijebar
Susilawati, S., Chakim, A., Hambali, M., & Rahmaniah, A. (2019). Urgensi Literasi Digital bagi Generasi Z dalam Meningkatkan Urgensi Literasi Digital bagi Generasi Z dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pembelajaran Pendidikan Agama https://digitalcommons.unl.edu/libp hilpracIslam.
Sussanto, H., & Alfarizi, M. R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Di Jabodetabek (Vol. 3, Issue 2).
Syifa, K. (2024). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Kesehatan Mental Generasi Z. Dalam Jurnal Inovasi Bisnis Indonesia (Vol. 1, Edisi 1).
Tajvidi, M., Richard, M. O., Wang, Y., & Hajli, N. (2020). Penciptaan bersama merek melalui perdagangan sosial: berbagi informasi Peran media . sosialJurnal Penelitian , 121, 476-486.Bisnis
Tambusai, J. P., Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Era Globalisasi.
Tania, S. (2023). Menguak Paradoks Privasi Gen-Z dalam Personalisasi Iklan di Digital. Media Dalam Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 12, Issue 1).
Tatjana Mamula Nikolić. (2022). Merancang Merek yang Berkelanjutan dengan Melibatkan Kolaborasi Merek-Konsumen Generasi Z Co-Creator dan Influencer di Serbia.
Tinggi, S. (2023). Strategi Public Relations dalam Mensosialisasikan Penggunaan Cashless Mobile Payment pada Generasi Baby Boomer Bunga Permata Putri Sarah Samaria. Caraka: Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(2), 69-81. https://doi.org/10.25008/caraka.v4i2.90
Varma, I. G., Chanana, B., Lavuri, R., & Kaur, J. (2024). Dampak spiritualitas pada konsumsi mencolok konsumen fesyen generasi Z: peran moderasi emosi positif disposisi. Jurnal Internasional Pasar Negara Berkembang, 19(5), 1178-1195.
Virgiyanti, I. M., Virgiyanti, I. M., Ardyanto, T. D., & Hikmayani, N. H. (2022). Pengetahuan dan Penerimaan Teknologi Gizi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Survei terhadap Generasi X dan Y. Indonesia Gizi 45(2), 139-150. https://doi.org/10.36457/gizindo.v45i2.710 Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi,
N., & Santoso, S. B. (2020). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan .pembelian Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 163-176.
Wijaya, T., Darmawati, A., & Kuncoro, A. M. (2020). Konfirmatori gaya hidup elektronik pada konsumen generasi Z. Jurnal Ilmu dan Aplikasi , 11(10), 27-33.Komputer Lanjut
Yao, J., Oppewal, H., & Wang, D. (2020). Lebih murah dan lebih kecil atau lebih mahal dan lebih besar: bagaimana konsumen merespons taktik kenaikan harga satuan yang secara bersamaan mengubah harga produk dan ukuran kemasan. Journal of Academy of Marketing Science, 48(6), 1075- 1094. https://doi.org/10.1007/s 11747-019-00716-z
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69- 87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putu Ayu Titha Paramita Pika, Desak Made Febri Sari, Purnama Nyoman Sri Manik Parasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
semua jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis, JPEK memberikan akses terbuka kepada siapapun agar informasi dan temuan pada artikel bermanfaat bagi semua orang, JPEK dapat diakses dan diunduh oleh siapapun tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative common yang digunakan.