Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan QRIS pada E-Parking Medan Perspektif TPB
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.30051Keywords:
QRIS, Consumer Decisions, E-Parking, TPBAbstract
This study aims to analyze the factors that influence consumers' decisions to use QRIS in the electronic parking system (E-parking) in Medan City, using the Theory of Planned Behavior (TPB) approach which involves three variables: attitudes, subjective norms, and perception of behavioral control. The method used was an explanatory quantitative research with a sample of 100 respondents who used QRIS services in electronic parking transactions in Medan City. Data was collected through an online questionnaire. The results of the study show that attitudes, subjective norms, and perceptions of behavior control have a significant influence on consumers' decisions to use QRIS in E-Parking in Medan. Of the three factors, the perception of behavioral control is the most dominant factor in influencing the decision to use QRIS, which shows that the higher the perception of user convenience and control in transactions, the more likely they are to use QRIS. In addition, aspects of transaction security, system convenience, and the level of QRIS users in the community also contribute to shaping consumer decisions. This research is expected to provide insights for electronic parking service providers and policymakers in increasing QRIS users and improving public services in the electronic parking sector.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan QRIS pada sistem parkir elektronik (E-parking) di Kota Medan, dengan menggunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) yang melibatkan tiga variabel: sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksplanatori dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden yang menggunakan layanan QRIS dalam transaksi parkir elektronik di Kota Medan. Data dikumpulkan melalui kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan QRIS pada E-Parking di Medan. Dari ketiga faktor tersebut, persepsi kontrol perilaku merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan penggunaan QRIS, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi persepsi kemudahan dan kendali pengguna dalam transaksi, semakin besar kemungkinan mereka untuk menggunakan QRIS. Selain itu, aspek keamanan transaksi, kemudahan sistem, serta tingkat pengguna QRIS di masyarakat juga berkontribusi dalam membentuk keputusan konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi penyedia layanan parkir elektronik dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan pengguna QRIS serta memperbaiki pelayanan publik di sektor parkir elektronik.
References
Afdalia, N., Pontoh, G. T., & Kartini, K. (2014). Theory of planned behavior dan readiness for change dalam memprediksi niat implementasi peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 110–123. https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art3
Ajzen, I. (1991). Teori Perilaku Terencana. Perilaku Organisasi dan Proses Pengambilan Keputusan Manusia, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978 (91) 90020 – T
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Anggraeni, M. A., & Pambudi, A. (2024). Implementasi Kebijakan Transaksi Non Tunai Melalui Penerapan QRIS dalam Pembayaran Retribusi Parkir Di Kota Yogyakarta. JOPPAR: Journal Of Public Policy and Administration Research, 09(02).
Asmuni, Harahap, I., & Saragih, L. M. S. (2021). Carter Dimension Analysis of Customer Satisfaction In Improving Electronic Word Of Mouth (E-Wom) In Bank Syariah Mandiri Customers. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.293
Aziz, M., Arifin, Z., Hwihanus, H., & Ratnawati, T. (2024). Pengaruh Sosial Budaya Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Pedagang terhadap Minat Menggunakan QRIS sebagai Metode Pembayaran Cashless. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 3960–3966. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1162.
Calcabilla, C., & Dyastari, L. (2022). Efektivitas Penerapan Parkir Elektronik (E-Pakring) Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Samarinda. EJournal Lmu Pemerintahan, 11(1), 28–39.
Dr. Mahyani. (2013). THEORY OF REASONED ACTION DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Sebuah kajian historis tentang perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4, 13–23.
Dishub Bandung: Mesin Parkir Elektronik Solusi Terbaik Dongkrak Retribusi Pendapatan Daerah. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-137242554/dishub-bandung-mesin-parkir-elektronik-solusi-terbaik-dongkrak-retribusi-pendapatan-daerah?page=all
Evelyna, F. (2021). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Pembelian Tiket Secara Online Pada Generasi Milenial. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.54131/jbma.v8i1.113
Goh, M., & Lee, KH (2014). Sistem E-Parkir: Solusi cerdas untuk manajemen parkir perkotaan. https ://doi.org /1/IJI.2
Intan, W., Parwati, G., Prayudi, M. A., Sukma, P., Jurusan, K., & Program, A. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI E-PARKING (Studi Empiris: Masyarakat Pengguna E-Parking di Tabanan). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, 10(1), 2614–1930.
Jannatuzzahra, K., Kartika, A. D. P., Susanti, W. F., & Wulansari, A. (2023). Analisis Penerimaan Penggunaan QRIS Di Kantin UPN Veteran Jawa Timur Menggunakan Metode Theory Of Planned Behavior. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 237–245.https://doi.org/10.33365/jatika.v4i2.2660
Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., Suprapti, I. A. P., & Harsono, I. (2024). Analisis Pengaruh Adopsi Teknologi Finansial, Kepercayaan Nasabah, dan Regulasi Terhadap Penggunaan Layanan Keuangan Digital. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan West Science, 3(01), 20-28.
Khaidir K.N, L., & Irwan Padli Nasution, M. (2024). Laksamana+Khaidir+K.N1955. Jurnal Sains Student Research, 2(4), 108–116.
Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen pemasaran (edisi ke-15). Pearson Education.
Lestari, Lidya, Nurbaiti., & Aisyah, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Digitalisasi Umkm Muslim di Kota Medan (Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah). Jurnal Sains Dan …, 5(2), 687–693.
Mahendra, R. A., Eviyani, E. R., Putri, I. M., Safitri, D., & Budiman, J. (2024). Pengaruh Perceived Security, Perceived Behavioural Control, dan Social Influence Terhadap Behavioural Intention Indonesian Standard Quick Response (QRIS) Pada Gen-Z di Kota Batam. Economos: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 21–31.
Makaba, K. A. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavior Intention Masyarakat Gen Y dalam Menggunakan QRIS pada Berbagai Toko Ritel di Kota Batam. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 60–70. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1386
Muhammad fadhel ananda. (2023). The Effect of Using QRIS on Food Consumption Behavior of Generation Z Islamic Economic Perspective.
Rahadi, J., Agrecia, A., Valecia, V. G., & Nofirda, F. A. (2023). Pengaruh Penggunaan QRIS terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31088–31093.
Rahmadyah, Niken, Aslami, N. (2022). Strategi Manajemen perubahan perusahaan di era transformasi digital. JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur, 2(2), 78–83. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i2.117
Rahmawati, S., & Arfiansyah, M. A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan QRIS Pada UMKM Kota Surakarta. Mbia, 22(3), 435–449. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i3.2663
Ramdhani, N. (2016). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Buletin Psikologi, 19(2), 55–69. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/11557
Rohmah, R. S., & Martini, E. (2021). Analisis Niat Konsumen Dalam Menggunakan Qris Di Surakarta Berdasarkan Model Decompossed Theory of Planned Behavior Analysis of Consumer Intention in Using Qris in Surakarta Based on the Decompossed Theory of Planned Behavior Model. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(3), 1–13. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14925
Safitri, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Qris Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Generasi Z : Analisis Theory of Planned Behavior ( Tpb ). Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 32–48. https://doi.org/10.30739/istiqro.v10i1.2827
Saputri, O. B. (2020). Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran Digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.
Saputri, C. N., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 153-163.
Sugeng, S. Aisyah. (2022). Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabayar Dan Listrik Prabayar Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT PLN (Persero) Salak, Pakpak Bharat. Jurnal Ilmiah Penelaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 281–288.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sukma, D. R. A., Putra, H. B., & Sutejo, B. (2023). Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal oleh Konsumen Muda. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 833-851.
Sulystio, K., Inda, T., Rahma, F., & Inayah, N. (2024). Analysis of Implementation of Electronic-based Parking Retributions ( E- Parking ) to Medan City Regional Revenue Analisis Penerapan Retribusi Parkir Berbasis Elektronik ( E-Parkir ) Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Medan. 3(2), 59–71.
Sunarya, M. E., Munawati, M., Ridwan, M., Rahmawati, N. F., & Putri, N. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Transaksi Qris Terhadap Generasi Milenial. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(6), 572-579.
Sharma, G. (2017). Pros and cons of different sampling techniques. International Journal of Applied Research, 3(7), 749–752.
Shelemo, A. A. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Electronic Money Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sheth, JN, Newman, BI, & Gross, BL (1991). Mengapa kita membeli apa yang kita beli: Sebuah teori nilai konsumsi. Johttps://doi.org/10.1016/0148 -2963 (91 )900-8
Schiffman, LG, & Kanuk, LL (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Jakarta: Indeks. Diakses dari https ://books.google.co .id /books ?id
Taylor, S., & Todd, PA (1995). Memahami penggunaan teknologi informasi: Uji coba model-model yang bersaing. Penelitian Sistem Informasi, https: //doi.or/10.1287//isre.6.2
T. Sativa Nazlia1, danialsyah, M. faisal. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Juru Parkir Pada Penerapan E-Parking Di Jalan Palangkaraya Kota Medan. Jurnal Hukum Dan Kemasyarakatan Al-Hikmah Vol. 4, No. 3, September 2023, 4(3), 852–871
Venkatesh, V., & Davis, FD (2000). Perpanjangan teoritis dari Model Penerimaan Teknologi: Empat studi lapangan longitudinal. Ilmu Manajemen, 46 (2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
Venkatesh, V., Morris, MG, Davis, GB, & Davis, FD (2003). Penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi: Menuju pandangan yang terpadu. MIS Quarterly, 27(3), https://doi.org//10.2307 /30036540
Yuliana, Y., Arwin, A., Weny, W., Lo, C., & Kuan, J. (2022). Analisis Niat Konsumen dalam menggunakan QRIS Dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal E-Bis, 6(2), 680–690. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.1032
Yuliana, A., & Hidayah, F. (2023). Perubahan perilaku konsumen terhadap adopsi teknologi pembayaran digital di Indonesia: Studi tentang QRIS. Jurnal Ekonomi dan Teknologi, 14(3), 112-126.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurwani Nasution, Nuri Aslami, Nurul Inayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
semua jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis, JPEK memberikan akses terbuka kepada siapapun agar informasi dan temuan pada artikel bermanfaat bagi semua orang, JPEK dapat diakses dan diunduh oleh siapapun tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative common yang digunakan.