Strategi Promosi Pariwisata Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan (Studi Kasus Destinasi Wisata Pantai Rambang)
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v9i1.30312Keywords:
Promotion Strategy, Creative Economy, Tourist AttractionAbstract
This research aims to ; find out creative economy-based tourism promotion strategies in increasing the tourist attraction of the Rambang Beach destination and the second objective is to find out the impact on the attraction or number of Rambang Beach tourists. The research method used in this research is qualitative descriptive research. Data sources were collected through primary data and secondary data. The subject of this research was carried out using snowball sampling. Using the snowball sampling technique, 33 village secretaries, tourism managers and the community were selected as informants.The research results also show that using alternative strategies along with creative economy-based tourism promotion strategies can increase the tourist attraction of Rambang Beach. To increase tourism there must be tourism that can attract visitors to come to the tourist spot. This tourism is by adding facilities with infrastructure that shows in the Rambang Beach tourist spot. So, from the village government's resources, they must have a strategy to increase tourist visitors who visit places on Rambang Beach.
References
Diah, M., Adha, R., & Niawan, K. (2019). Strategi Promosi Pariwisata Di Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus Promosi Pariwisata Pasca Gempa Bumi di Pulau Lombok Tahun 2018). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(1). https://doi.org/10.31764/jiap.v7i1.773
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ginting, A. M., Rivani, E., Saragih, J. P., Wuryandani, D., & Rasbin. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. In C. M. Firdausy (Ed.), Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Irfan, P., & Apriani, A. (2017). ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN E-TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA DI PULAU LOMBOK. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3). https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i3.164.325-330
Iskandar, A., Fayadi, H., & Meldi Kesuma, T. (2022). PETA JALAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN PROMOSI DAN PEMASARAN DESTINASI WISATA KOTA SABANG. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/10.51353/kvg.v3i1.609
Kusuma, F., Arham, M. A., & S. Dai, S. I. (2021). Desain Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat di Pantai Botutonuo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 14(1). https://doi.org/10.37479/jkeb.v13i2.11351
Laily, I. N. (2022). “Pengertian Penelitian Deskriptif; Ciri-Ciri; Jenis; dan Pelaksanaannya.” Katadata.
Marlinah, L. (2017). Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Cakrawala: Ejournal.Bsi.Ac.Id, 17(2).
Muliawanti, L., & Susanti, D. (2020). Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang. Warta ISKI, 3(02). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.53
Nurdyastuti, T., Suroto, S., Imron P, L. A., Mulyadi, M., & Fatonah, S. (2022). Strategi Promosi Pariwisata Sendang Beji Di Kebakkramat Sebagai Penguat Ekonomi Masyarakat. WASANA NYATA, 6(2). https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1302
Nurlatifa, S., & Eka Putri, N. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Pada Era Adaptasi Kebiasan Baru Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Bukittinggi Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad). Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 1(8). https://doi.org/10.58344/locus.v1i8.251
Ratu Nadira Elfandari, & Imam Nuraryo. (2023). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Promosi Wisata Banten. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(2). https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i2.5757
Safitri, B. V., Maulida, N., & Miharja, D. L. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Organik pada Kelompok Sadar Wisata Desa Muncan-Lombok Tengah. Journal of Community Development & Empowerment, 2(3). https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.19
Sri Sudarsih, & Iriyanto Widisuseno. (2023). MANFAAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI BAGI PENGEMBANGAN PARIWISATADI YOGYAKARTA. Jurnal “HARMONI”, 7.
Yanto, A., & Sukanta, T. (2020). ANALISIS STRATEGI BERSAING DAN STRATEGI BERTAHAN PADA INDUSTRI MIKRO DAN KECIL PANGANAN KERIPIK KEMASAN DI KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG JAWA BARAT TAHUN 2020 DITENGAH SITUASI SULIT PENYEBARAN PANDEMI nCoV-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1). https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susilawati Susilawati, Rohaeniyah Zain, Danang Prio Utomo, Selni Marselina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
semua jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis, JPEK memberikan akses terbuka kepada siapapun agar informasi dan temuan pada artikel bermanfaat bagi semua orang, JPEK dapat diakses dan diunduh oleh siapapun tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisensi creative common yang digunakan.