Analisis Minat Berwirausaha Melalui Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, dan Efikasi Diri Siswa SMK Jurusan Akuntansi

Authors

  • Rahma Nur Isnaini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Moh. Chairil Asmawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v9i2.30348

Keywords:

pendidikan kewirausahaan,, locus of control, efikasi diri, minat berwirausaha, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan, locus of control, dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 6 Surakarta dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian eksplanatori. Populasi penelitian terdiri atas 215 siswa, dan sampel sebanyak 140 siswa diperoleh melalui teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa kuesioner skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, pendidikan kewirausahaan, locus of control, dan efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (Prob. F = 0,000 < 0,01) dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,759. Hal ini mengindikasikan bahwa sebesar 75.9% variabilitas minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Secara parsial, pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan dengan koefisien 0,263 (p = 0,003), locus of control dengan koefisien 0,205 (p = 0,021), dan efikasi diri menunjukkan pengaruh paling dominan dengan koefisien 0,626 (p = 0,000). Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan kewirausahaan yang mengintegrasikan aspek kognitif dan psikologis siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan kajian kewirausahaan dalam konteks pendidikan vokasi serta menawarkan implikasi praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang kurikulum kewirausahaan yang kontekstual, aplikatif, dan memberdayakan.

Author Biographies

Rahma Nur Isnaini, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Departemen Pendidikan Akuntansi.

Moh. Chairil Asmawan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Departemen Pendidikan Akuntansi

References

Ahmed, T., Chandran, V. G. R., Klobas, J. E., Liñán, F., & Kokkalis, P. (2020). Entrepreneurship education programmes: How learning, inspiration and resources affect intentions for new venture creation in a developing economy. The International Journal of Management Education, 18(1), 1-36.

Alita, D., Putra, A. D., & Darwis, D. (2021). Analysis of classic assumption test and multiple linear regression coefficient test for employee structural office recommendation. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(3), 295-306.

Asante, E. A., & Affum-Osei, E. (2019). Entrepreneurship as a career choice: The impact of locus of control on aspiring entrepreneurs' opportunity recognition. Journal of Business Research, 98(1), 227-235.

Asmawan, M. C., Thoyibbah, K., & Gano-an, J. C. (2023). Implementation of Character Education Through the Independent Curriculum to Face the Era of Society 5.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 33(2), 235-248.

Baggen, Y., Lans, T., & Gulikers, J. (2022). Making entrepreneurship education available to all: Design principles for educational programs stimulating an entrepreneurial mindset. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 5(3), 347-374.

Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A. M., Bedrule-Grigoruță, M. V., & Boldureanu, D. (2020). Entrepreneurship education through successful entrepreneurial models in higher education institutions. Sustainability, 12(3), 1-33.

Bowen, P. W., Rose, R., & Pilkington, A. (2017). Mixed methods-theory and practice. Sequential, explanatory approach. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 5(2), 10-27.

Cera, G., Mlouk, A., Cera, E., & Shumeli, A. (2020). The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention. A quasi-experimental research design. Journal of Competitiveness, 12(1), 39-56.

Falah, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(1), 40-54.

Gielnik, M. M., Bledow, R., & Stark, M. S. (2020). A dynamic account of self-efficacy in entrepreneurship. Journal of Applied Psychology, 105(5), 1-55.

Hamzah, M. I., & Othman, A. K. (2023). How do locus of control influence business and personal success? The mediating effects of entrepreneurial competency. Frontiers in Psychology, 13(1), 1-15.

Handayati, P., Wulandari, D., Soetjipto, B. E., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Does entrepreneurship education promote vocational students’ entrepreneurial mindset?. Heliyon, 6(11), 1-7.

Ivankova, N. V., Creswell, J. W., & Stick, S. L. (2006). Using mixed-methods sequential explanatory design: From theory to practice. Field methods, 18(1), 3-20.

Kimberlin, C. L., & Winterstein, A. G. (2008). Validity and reliability of measurement instruments used in research. American journal of health-system pharmacy, 65(23), 2276-2284.

Łubianka, B., Filipiak, S., & Mariańczyk, K. (2020). Developmental changes in the locus of control in students attending integrated and non-integrated classes during early adolescence in Poland. Behavioral Sciences, 10(4), 1-14.

Marill, K. A. (2004). Advanced statistics: linear regression, part II: multiple linear regression. Academic emergency medicine, 11(1), 94-102.

Mohamed, M. E., Elshaer, I. A., Azazz, A. M., & Younis, N. S. (2023). Born not made: the impact of six entrepreneurial personality dimensions on entrepreneurial intention: evidence from healthcare higher education students. Sustainability, 15(3), 1-12.

Nanda, A. D., & Sudiana, K. (2022). Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 49-55.

Ni, H., & Ye, Y. (2018). Entrepreneurship education matters: exploring secondary vocational school students’ entrepreneurial intention in China. The Asia-Pacific Education Researcher, 27(1), 409-418.

Passaro, R., Quinto, I., & Thomas, A. (2018). The impact of higher education on entrepreneurial intention and human capital. Journal of intellectual capital, 19(1), 135-156.

Purwaningsih, D., Karlina, E., & Tukiran, M. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1194-1199.

Putry, N. A. C., Wardani, D. K., & Jati, D. P. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 6(1), 14-24.

Rachman, D. F., & Amri, S. (2023). Studi Literatur Pengaruh Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Dampaknya Terhadap Tingkat Pengangguran Serta Pelaku Wirausaha Di Kabupaten Lombok Timur Sebelum Covid 19. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 7(2), 709-720.

Rembulan, G. D., & Fensi, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 1(1), 65-73.

Rosique-Blasco, M., Madrid-Guijarro, A., & García-Pérez-de-Lema, D. (2018). The effects of personal abilities and self-efficacy on entrepreneurial intentions. International Entrepreneurship and Management Journal, 14(4), 1025-1052.

Rostina, R., & Aransyah, M. F. (2023). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Lingkungan Keluarga dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 276-287.

Rotter, J. B. (1966). Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement. Psychological monographs: General and applied, 80(1), 1-28.

Ruiz-Rosa, I., Gutiérrez-Taño, D., & García-Rodríguez, F. J. (2021). Project-Based Learning as a tool to foster entrepreneurial competences (El Aprendizaje Basado en Proyectos como herramienta para potenciar la competencia emprendedora). Culture and Education, 33(2), 316-344.

Saputro, W. E., Adi, B. W., & Totalia, S. A. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Need for Achievement, dan Internal Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Sukoharjo. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(1), 11-29.

Sari, W. D. P., Mawardi, M. K., & Afrianty, T. W. (2022). Does Entrepreneurship Education Matter In Student’s Entrepreneurial Interest?. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 33-45.

Setyanti, S. W. L. H., Pradana, E. C., & Sudarsih, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Berwirausaha dan Faktor Lingkungan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Jember. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(1), 64-64.

Singh, A. S., & Masuku, M. B. (2014). Sampling techniques & determination of sample size in applied statistics research: An overview. International Journal of economics, commerce and management, 2(11), 1-22.

Speed, E. (2019). The process of psychological assessment: A critique of non-participatory observations within educational psychology practice and the process of psychological assessment. Educational Psychology Research and Practice, 5(2), 1-8.

Suchaina, S., Pradikto, S., & Shalikha, P. A. A. (2023). Efektivitas Insersi Caring Economics Pada Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Sociopreneur Di Universitas PGRI Wiranegara. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 7(2), 681-688.

Suprapti, E., & Muhammad, M. (2022). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga Dan Locus of Control Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. J-MACC: journal of management and accounting, 5(2), 90-102.

Thayyibi, M. I., & Subiyantoro, S. (2022). Konsep Edupreuneurship Dan Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi. Jurnal Eduscience, 9(1), 77-91.

Virnayanthi, N. P. E. S., Candiasa, I. M., Ratnaya, I. G., & Widiartini, N. K. (2024). Perspektif Filsafat Pendidikan terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis (Profil Pelajar Pancasila) dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha di SMK: Educational Philosophy Perspective on Creativity and Critical Thinking (Pancasila Student Profile) in Increasing Entrepreneurial Interest in Vocational Schools. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(2), 310-317.

Wardana, L. W., Narmaditya, B. S., Wibowo, A., Mahendra, A. M., Wibowo, N. A., Harwida, G., & Rohman, A. N. (2020). The impact of entrepreneurship education and students' entrepreneurial mindset: the mediating role of attitude and self-efficacy. Heliyon, 6(9), 1-7.

Widyawati, N. C. P., & Mujiati, N. W. (2021). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat kewirausahaan dengan efikasi diri kewirausahaan sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Manajemen, 10(11), 1116-1140.

Wong, H. Y., & Chan, C. K. (2022). A systematic review on the learning outcomes in entrepreneurship education within higher education settings. Assessment & Evaluation in Higher Education, 47(8), 1213-1230.

Yanti, A. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268-283.

Yousaf, U., Ali, S. A., Ahmed, M., Usman, B., & Sameer, I. (2021). From entrepreneurial education to entrepreneurial intention: a sequential mediation of self-efficacy and entrepreneurial attitude. International Journal of Innovation Science, 13(3), 364-380.

Downloads

Published

2025-08-24