Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro

Authors

  • Eka Farida Universitas Negeri Malang
  • Ery Tri Djatmika Universitas Negeri Malang
  • Bambang Banu Siswoyo Universitas Negeri Malang
  • Mit Witjaksono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.461

Keywords:

Kewirausahaan, Pembelajaran berbasis proyek, Semangat wirausaha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek dan (2) menguji efektifitas model pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek untuk menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa pada program studi pendidikan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah research & development model DBR (Design Based Research) dari Reeves (2006). Hasil penelitian adalah (1) perbaikan model pembelajaran kewirausahaan dengan menyeimbangkan antara teori dan praktik, pembelajaran lebih diarahkan pada praktikum yang aplikatif, dan mewujudkan tujuan program studi yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki semangat wirausaha; (2) pengembangan desain dan prototipe terdiri dari tiga komponen yaitu tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian; (3) uji validasi oleh ahli pendidikan, kewirausahaan, dan uji terbatas menunjukkan tujuan pembelajaran, isi materi, dan sajian telah sesuai dengan konten/ isi, perwajahan, dan kebahasaan; (4) uji produk menggunakan kelas eksperimen yang ditentukan berdasarkan gaya belajar mahasiswa, mayoritas mahasiswa memiliki gaya belajar akomodator, hasil penilaian portofolio menunjukkan mahasiswa memiliki nilai sangat baik dan baik, produk yang dihasilkan oleh kelompok kerja mahasiswa sesuai dengan gaya belajar, dan uji keefektifan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek mampu menumbuhkan semangat wirausaha mahasiswa dengan sangat baik.

 

Kata kunci: kewirausahaan, pembelajaran berbasis proyek, semangat wirausaha

References

Aghajani, H., & Abbasqholipour, M. (2012). Explanation of Relationships between Biographical Characteristics and Entrepreneurship Spirit of Students. Iranian Journal of Management Studies (IJMS). Vol 5, No. 1, January 2012. Pp. 63-78.

Bloom, B.S. (1979). Taxonomy of Educational Objective: Book1. Cognitive Domain. Landon: Longman Group Limited.

BSNP 2010 (Standar Isi Pendidikan Tinggi)

Clouse, R.W., Aniello, J., & Biernaeki, J. (2005). A Problem-Based Learning Environment for Enginering Entrepreneurship. Prosiding of the 2005 American Society for Enginering Education Annual Conference & Exposition.

Collins. (1992.) Toward a Design Science of Education. In E. Scanion & T. O’shea (Eds). New Direction in Educational Technology (pp. 15-22). New York: Springer-Verlag.

Cord. (2001). Contextual Learning Resource. Tersedia pada: http://www. cord.org/lev2.cfm/65. Diakses tanggal: 2 Maret 2001.

Degeng, I.N.S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Aras Media.

Edwards, L.J. & Muir, E.J. (2005). Promoting Entrepreneurship at The University Glamorgan Through Formal and Informal Learning. Journal of Small Business and Enterprise Development; 12, 4; ABI/INFORM Global, pg. 613.

Ekpoh, U.I., & Edet, A.O. (2011). Entrepreneurship Education and Career Intentions of Testiary Education Student in Akwa Ibom and Cross River states, Nigeria. International Education Studies, Vol 4, No. 1; February 2011.

Fitriati, Rachma. (2011). Entrepreneurship Education: Toward Models in Several Indonesia’s University. Prosiding The 4th International Conference on Indonesia Studies: “Unity, Diversity and Futureâ€.

Gaer. 1998. Whats is Project-Based Learning? http://members.aol.com, diakses pada tanggal 7 September 2013.

Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning (4th ed). New York: Holt, Rinehart, and Winston, Inc.

Gagne, R.M., & Briggs, L.J., & Wager.W.W. 1992. Principles of Instruction Design. New York: Holt, Rinehart and Winstone.

Kasmir. (2007). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Khan, S.A. (2007-2008). Entrepreneurship Education in Pakistani Universities. University of Essex Southend-on-Sea, School of Entrepreneurship and Business.

Kolb, D.A. (1984). Learning Style Inventory Self Scoring Inventory and Interpretation Buuklt. Boston, NA: MCBER and Company.

Kolb, D.A. & McCharty. 1984. GNVQ 7 Learning Style Inventory (adapted Kolb and McCharty). http://search?q=kolb+mccharty&btnG=&client., diakses pada 12 Januari 2013.

Lambing, P.A. & Kuehl, C.R. (2002.) Entrepreneurship. Second Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Lee, S.M.,Chang, D., & Lim, S.B. (2005). Impact of Entrepreneurship Education: A Comparative Study of The U.S. and Korea. International Entrepreneurship and Management Journal I, 27-43, 2005. Springer Science + Business Media, Inc. Manufactured in The United States.

Moore. 2005. Efective Instructional Strategies From Theory to Practice. London New Delhi: Sage Publication.

Moursund, D.G. (1997). The Feture of Information Technology in Education. http://darkwing.uoregon.edu/-moursund/books/futuresbook1997/index.html. diakses pada tanggal 1 januari 2013.

Nickels, W.G. (2005). Understanding Business. New York: McGraw-Hill.

Peraturan Presiden No. 8/2012 (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

Reevers, T.C. (2006). Design Research from a Technology Perspective. In J.V.D. Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney, & N.Nieveen (Eds), Educational Design Research. Hlm. 52-66. London: Routledge.

Reigeluth, C.M. & Meriill, M.D. 1978. A Knowladge Base for Improving Oue Methods of Instructional. Educational Psychologist, 13: 57-70.

Sarjono, dkk. (2012). Hasil Evaluasi Program Studi Kewirausahaan. IKIP , Bojonegoro. Tidak Dipublikasikan.

SK Mendiknas 045/U/2002 (Kurikulum Pendidikan Tinggi)

Susilo, W.H. (2014). An Entrepreneurial Mindset and factors Effect on Entrepreneurs Spirit in Indonesian. The SIJ Transactions on Industrial, Financial & Business Management (IFBM), Vol. 2, No. 4, June 2014.

The George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional Module Project Based Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL/whatpbl.php, diakses pada tanggal 21 Januari 2012.

Thomas, J.W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. http://www.autodesk.com/, diakses pada tanggal 18 July 2013.

Thomas, JW, Mergendoller, JR & Michaelson, A. 1999. Project Base Learning: A handbook of Midle and High School Teacher. Novato CA: The Buck Institute for Education.

Wardoyo. (2012). Pengaruh Pendidikan dan Karakteristik Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II. Jakarta: Universitas Tarumanegara, 18 September 2012.

Zimmerer, T.W., and Scarbourg, Norman, M. (2002). Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Alih Bahasa Yanto Sidik Pratikno dan Edina Cahyaningsih Tarmidzi. Edisi 2. Jakarta: Prenhallindo.

Downloads

Published

2017-09-26