Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.464Keywords:
Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Peran Guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa ekonomi di SMAN 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian expostfacto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPS SMAN 1 Masbagik tahun pelajaran 2015/ 2016 dengan sampel penelitian sebesar 52 siswa yang diambil dengan teknik sampel proposional dan teknik random samling. Pengumpulan data lingkungan belajar dan peran guru dan motivasi belajar menggunakan instrumen dengan menyebarkan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis korelasi parsial dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). perhitungan uji koefisien regresi dengan nilai koefisien regresi variabel lingkungan belajar dengan nilai t-hitung sebesar 0,989 dan tingkat kesalahan signifikan 0,327 yang lebih kecil dari tingkat signifikan yang telah ditentukan (0,05). Maka Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016. 2). perhitungan uji koefisien regresi dengan nilai koefisien regresi variabel peran guru dengan nilai t-hitung sebesar 2,189 dan tingkat kesalahan signifikan 0,033 yang lebih kecil dari tingkat signifikan yang telah ditentukan (0,05). Maka Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa variabel peran guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016. 3). perhitungan uji koefisien regresi dengan nilai koefisien regresi variabel lingkungan belajar dan peran guru dengan nilai t-hitung sebesar 6,537 dan tingkat kesalahan signifikan 0,003 yang lebih kecil dari tingkat signifikan yang telah ditentukan (0,05). Maka Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan belajar dan peran guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi Di SMAN 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2015/2016.
References
Ahmadi, Fatah. (2012). Makalah Peran dan Fungsi Guru, (online), (http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/27/, diakses 27 April 2012)
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta:Rineka Cipta. Fatah Ahmadi, Peran dan Fungsi Guru: 18 Juli 2012: Kompasiana
Hamzam B. Uno, (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Penerbit PT Bumi Akasara : Jakarta.
Nurdin, Muhammmad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: AR. Ruzz Media Group
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta