Analisis Rantai Nilai Pada Ekonomi Kreatif Kerajinan Kriya Di Rajapolah (Studi Kasus Anugrah Gallery)

Authors

  • Siwi Andriyani Amatillah Universitas Siliwangi
  • Rezya Marsanda Aprilia Universitas Siliwangi
  • Sri Hardianti Sartika Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.5690

Keywords:

Rantai nilai, Kerajinan kriya, Rajapolah, Sukaruas.

Abstract

Rajapolah merupakan salah satu daerah yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal dengan kerajinan kriyanya, khususnya daerah Kampung Sukaruas. Anugrah Gallery ini merupakan salah satu usaha kerajinan kriya yang ada di Kampung Sukaruas yang telah berdiri sejak tahun 2014. Sehingga peneliti ingin melaksanakan penelitian dengan tujuan menganalisis rantai nilai pada ekonomi kreatif kerajinan kriya di Rajapolah. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui metode wawancara kepada pemilik usaha kerajinan Anugrah Gallery. Hasil penelitian menunjukan bahwa rantai nilai yang terdapat dalam Anugrah Gallery ini dimulai dengan tahap kreasi yang mana pada tahap kreasi ini mencari ide-ide inovasi dari internet kemudian dimodifikasi untuk pembuatan pola kerajinan, kemudian tahap produksi dimana tahap produksi ini mengelola input atau bahan berupa pandan, mendong, eceng gondok, spon menjadi produk kerajinan berupa box, tas, cermin, dan box tisu aqua 3 in 1, tahap distribusi pada Anugrah Gallery ini dipasarkan melalui media online kepada pabrik-pabrik dalam bentuk grosir, dan tahap komersialisasi ini melalui pemberian informasi kepada konsumen mengenai produk yang dipasarkan.

Author Biography

Rezya Marsanda Aprilia, Universitas Siliwangi

Economic Education

References

Adhl004. 2022. Pemerintah Dorong Optimalisasi Pertumbuhan Industri Kreatif Indonesia. Diakses 17 April 2022 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/39347/pemerintah-dorong-optimalisasi-pertumbuhan-industri-kreatif-indonesia/0/berita

Akmal, Muh. Syafruddin, Nurlina Syahrir, and Alimuddin Caco. 2021. SENI KRIYA LOGAM. Makassar: Universitas Negri Makassar.

Aldy Purnomo, Rochmat. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Arif, and Gian Riksa Wibawa. 2021. “ANALISIS DAYA TARIK INDUSTRI KERAJINAN RAJAPOLAH MELALUI PORTER FIVE FORCES.” JURNAL EKONOMI PERJUANGAN 3(2): 79–86.

Aris Risdiana. 2020. “Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif Di Kecamatan Rajapolah, Taksimalaya.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 20(1): 9–19.

Astuti, Yani Sri, and Satiyasih Ely Rosali. 2019. “Potensi Ekonomi Berbasis Keunggulan Lokal Di Kampung Kreatif Sukaruas Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.” In “Pengembangan Wilayah Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0,” Surakarta: PROSIDING SEMINAR NASIONAL GEOGRAFI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2019, 209–17.

Bahtiar. 2017. “PEMANFAATAN BAMBU DALAM BERKARYA SENI KRIYA Oleh : BAHTIAR.” : 1–65.

Darajat, Teddy Mohamad. 2015. “Kajian Industri Kecil Kerajinan Bambu Jawa Barat.” Inosains 10(2): 108–18. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/inosains/article/view/1373/1251.

Darsiharjo, and Ahmad Hudaiby Galihkusumah. 2014. “Analisis Rantai Nilai Industri Kreatif Di Desa Wisata Jelekong, Kabupaten Bandung.” Jurnal Manajemen Resort & Leisure 11(1): 35–41.

Febrian, Rian, and Aini Loita. 2020. “Bengkel Family Handycraft Kampung Kreatif Sukaruas Rajapolah Tasikmalaya.” Jurnal Pendidikan Seni 3(1): 94–102.

Haiqal, Moch. Khalif, and Syarip Hidayat. 2017. “Penerapan Identitas Visual Pada Media Promosi Website Wisata Kerajinan Rajapolah.” Demandia 2(02): 182–99.

Hasan, Muhammad et al. 2021. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 9(2): 125–38.

Hendrawan, Yourdan Feby. 2022. “Analisis Kontribusi Subsektor Industri Kreatif Terhadap Produk Domestik Bruto (Pdb) Di Tulungagung.” Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah 7(1): 17.

Inggriyani, Feby, Suparman Ali, and Depy Muhamad Fauzy. 2018. “Pemanfaatan Website Pemasaran Bagi Pelaku Kerajinan Usaha Anyam Mendong Di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal SOLMA 7(2): 193.

Intan Bugraheni, Praba. 2014. Ekonomi Analisis Rantai Nilai Komoditas Ubi Kayu (Manihot Esculeta Crants) Di Kec. Tlogowungu Kabupaten Pati.

Lestari, Ika Dian. 2022. “Strategi Pengembangan Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta.” ISI Yogyakarta.

Mangifera, Liana. 2015. “Analisis Rantai Nilai (Value Chain) Pada Produk Batik Tulis Di Surakarta.” BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis 19(1): 24–33.

Rachman, Andi Nur, and Cecep Muhammad Sidik Ramdani. 2018. “ITGBM Implementasi E-Commerce Sebagai Katalog Produk Unggulan ( Studi Kasus : UKM Resik Dan Katresna Rajapola Tasikmalaya ).” Jurnal Pengabdian Siliwangi 4(2): 113–16.

Raharjo, Timbul. 2011. Yogyakarta: Program Pascasarjana. Seni Kriya & Kerajinan. ed. Otok Herum Marwoto. Yogyakarta: PROGRAM PASCASARJANA. http://digilib.isi.ac.id/1073/1/Pages from B4-Seni Kriya dan Kerajinan.pdf.

Setiawati, Nur, Sutrisno Sutrisno, and Y Aris Purwanto. 2020. “Analisis Rantai Nilai Cabai Di Sentra Produksi Kabupaten Majalengka Jawa Barat.” Gorontalo Agriculture Technology Journal 3(2): 55.

Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R &D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru : Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-12-12