Analisis Bibliometrik Implementasi E-Learning Dalam Pendidikan Ekonomi

Authors

  • Akhmad Suyono Universitas Islam Riau
  • Andri Eko Prabowo Universitas Islam Riau
  • Nunuk Suryanti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6948

Keywords:

Bibliometrics, E-Learning, Online Learning, Training, Vosviewer

Abstract

Ongoing learning must be able to increase effectiveness in order to achieve educational goals. Technology and information that are currently developing have spread in various fields of human life, including education. The inclusion of technology and information in education has an impact on changes in both aspects of the education system, the material provided, including how the learning process is carried out and the obstacles that may be accepted by educators and students. This study aims to determine the implementation of e-learning in economics education to improve students' competence. This study uses bibliometric analysis to map e-learning in various previous research journals in relation to economic education using Vosviewer. The results of this study conclude that e-learning is a must in improving the competence of students, especially women who run home-based and small-scale business activities.

Author Biography

Akhmad Suyono, Universitas Islam Riau

References

ek, NJV 2011. kemajuan Metodologi dalam Pemetaan Bibliometrik Sains. Utrecht: Universitas Erasmus Rotterdam.

ek, NJV dan Waltman, L 2010. Perangkat lunak survet : Penampil VOS , Program Komputer untuk pemetaan bibliometrik . Scientometrics , 84(2), hlm . 523-538.

Ellegaard, HAI. dan Wallin, JA 2015. Analisis Bibliometrik Produksi Ilmiah : bisa Besar

Dampaknya ? Scientometrics , 105(3).

Elsevier BV. 2015. Cara cepat dan mudah menggunakan Scopus.

Islamiyah, M. dan Widayanti , L. Efektifitas Pemanfaatan Situs Web E-Learning Berbasis Terhadap Hasil belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 10(1), hlm 41-46.

Jarneving , B. 2007. Daftar Pustaka Kopel dan Penerapannya pada Riset -Depan dan Dokumen Inti Lainnya . Jurnal Informetrik , 1(4), 287-307.

Leydesdorff , L. dan Rafols, I. 2011. Hamparan Interaktif : Metode Baru untuk dan global peta Jurnal dari Data Web-of-Sains. Jurnal Informatika , 6(2).

Purbo , OW dan Hartanto, AA 2002. Teknologi E-Learning Berbasis PHP dan MySQL: Merencakan dan Mengimplementasikan Sistem E-Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Rosenkrantz, AB, Chung, R. dan Duszak, R. 2019. artikel penelitian yang tidak Disitasi dalam Jurnal Radiologi Umum Amerika Serikat Populer. Radiologi Akademik, 26(2), 282-285.

Suharyanto dan Mailangkay , ABL 2016. Penerapan E-Learning Sebagai alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya 3(4).

Suyanto dan jihad, SEBUAH. 2013. Menjadi Guru Profesional : Strategi peningkatan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Zaman Global. Penerbit Erlangga .

Tamin, R. Penerapan Pembelajaran elektronik Sebagai Strategi Pembelajaran Dosen dan mahasiswa di [ Ilmu Komputer Universitas Al asyariah bahasa mandar Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Pepatuzdo , 5(1), hlm . 26-37

Tanudjaja, SAYA. dan Kow, GY 2018. Mengeksplorasi Pemetaan Bibliometrik di NUS menggunakan BibExcel dan Penampil VOS, 1–9.

Tupan dan Rachmawati , R. 2018. Analisis Bibliometrik IlmudanTeknologi Pangan : Publikasi Ilmiah di Negara - Negara ASEAN. Khizanah Al Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan , informasi dan Kearsipan , 6(1), hlm . 26-40.

Tupan, Rahayu , RN, Rachmawati , R. dan Rahayu ESR 2018. Analisis Bibliometrik Perkembangan penelitian bidang Ilmu Instrumentasi . Jurnal Dokumentasi dan informasi , 39(2), 135-149.

Wibowo, SA dan Roysa , M. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Think Talk Write Berbantuan Media Komik Strip dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Dialog Sederhana Siswa Kelas V SD 1 Tritis . KREDO: Jurnal Ilmiah bahasa dan Sastra, 1(2).

Winanti , PS dan Mas'udi , W 2020. Tata Kelola penanganan Covid-19 di Indonesia: Kajian Awal. Yogyakarta: UGM Digital Tekan.

Bank Dunia. 2010. Kajian Belanja Publik Pendidikan. Akan datang . Kantor Bank Dunia Jakarta. Yunianto , AR Implementasi E-Learning Berbasis Kelas Sebagai Sumber Belajar ( Studi Kasus Siswa Kelas X Multimedia di SMK Bagimu Negeriku Semarang). Jurnal Unnes .

Downloads

Published

2022-12-28