Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Peran Orang Tua Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.29408/jpek.v2i1.712Keywords:
Entrepreneurship Education, Intensi Entrepreneurship, Role of ParentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan peran orang tua terhadap intensi berwirausaha mahasiswa semesterVI prodi pendidikan ekonomi di stkip pgri tulungagung. berwirausahaan dapat menjadi pilihan alternative mahasiswa setelah lulus, dengan bekal pendidikan kewirausahaan yang diberikan semasa kuliah dan peran orangtua yang mendukung.Hasil penelitian Uji t terbukti besar nilai thitung (4,832),(pendidikan kewirausahaan X1), (peran orang tua X2) nilai thitung (4,513) dapat disimpulkan secara parsial bahwa “ada pengaruh pendidikan kewirausahaan dan peran orang tua terhadap intensi berwirausaha mahasiswa semester VI prodi pendidikan ekonomiâ€. Uji F, menunjukkan bahwa nilai Fhitung (41,853) > Ftabel (3,10). Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif variabel pendidikan kewirausahaan dan peran orang tua terhadap intensi berwirausaha mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Ekonomi tahun akademik 2017/2018. R2 adalah 0,493 atau sumbangan efektif dari kedua variabel bebas yaitu 49,3% terhadap intensi berwirausaha dan sebesar 50,7% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan.Bandung:Alfabeta
Antawati, D. I. (2017). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Intensi Berwirausaha Pada Anak, 1, 46–54.
BPS Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2013-2017 Tentang Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi Yang Ditamatkan Tahun 2017 Jakarta:Bps
Cahyono, A. E. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Melalui Variabel Intervening Teori Perilaku Terencana Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 252–263
Daryanto. (2012). Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media.
Etriyani, Y. E., & Purwanto. (2014). Pengaruh Kreativitas,Peran Orang Tua Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smkn 1 Pengasih, 1–12.
Fradani, A. C. (2014). Pengaruh Kecerdasan Adversitas, Pendidikan Kewirausahaan Dalam Keluarga, Dukungan Keluarga, Efikasi Diri Pada Intensi Berwirausaha Siswa Smkn 2 Nganjuk, 2(2), 157–170.
Kasmir,2006. Kewirausahaan, Jakarta:Pt Raja Grafindo Persada
K, R. P. D., Dedi Purwana, E., & Wibowo, A. (2017). Hubungan Pola Asuh, Kurikulum Kewirausahaan Dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, 5(1), 1–31.
Kristianten, Stein & Nurul Indarti,2003, Determinans Of Enterpreneurial Intention:The Case Of Norwegian Student. International Journal Of Bussiness Gajah Mada. Vol 5 No 1 Januari.
Mutohar, A. (2017). Pengaruh Kebutuhan Akan Prestasi, Efikasi Diri, Kesiapan Instrumen, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa (Studi Analisis Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2013), 1–125.
Ningsih, Setya. (2013). Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Sekolah (Studi Di Smp Muhammadiyah 1 Berbah Sleman, Yogyakarta.) Skripsi. Skripsi, Hal 1.
Rusdiana.2012.Kewirausahaan.Bandung:Pustaka setia
Santi, N., Hamzah, A., & Rahmawati, T. (2017). Pengaruh Efikasi Diri , Norma Subjektif , Sikap Berperilaku , dan Pendidikan, 1(1), 63–74.
Sari, A. K. (2013). Pengaruh Peran Orang Tua,Guru, dan self-efficay terhadap kesiapan berwirausaha.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta
Tatang S. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Cv Pustaka Setia
Trisnawati, E. (2011). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Institut Pertanian Bogor Melalui Pendekatan Theory Of Planned Behaviour.
Widayoko. (2016). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subyektif,Sikap Berperilaku, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi
Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Yuniasanti, R., & Esterlita, S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 1–16.