Pengaruh Tactical Games Model Terhadap Hasil Belajar Aspek Psikomotor pada Pembelajaran Bolavoli Siswa SMPN 1 Kalijati

Penulis

  • Gustiana Pramudia Wardani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dikdik Fauzi Dermawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v7i2.27315

Kata Kunci:

TGM; Bolavoli; Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Tactical Games Model (TGM) terhadap hasil belajar aspek psikomotor dalam pembelajaran bolavoli. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Dengan penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Subjek penelitian pembelajaran yaitu siswa SMPN 1 Kalijati. Sampel ini dipilih menggunakan teknik random sampling, Berdasarkan penjelasan tersebut didapatkan dua kelas, untuk kelompok eksperimen menggunakan Kelas A yang berjumlah 35 orang dan untuk kelompok kontrol menggunakan Kelas B yang berjumlah 35 orang penelitian ini dilakukan sebanyak 10 kali. Instrument penelitian ini penilaian Game Performance Assessment Instrument. Hasil pretest dan posttest analisis data diperoleh hasil nilai posttest kelompok eksperimen dari masing-masing instrumen test memiliki hasil nilai uji Paired Sampel T-test dengan output “Test Statistic” dengan nilai –t hitung < -t tabel (-8.313 < -1.690) dan nilai signifikansi yang didapat sebesar 0.000 yang dimana nilai tersebut <0.05, maka memiliki pengaruh yang signifikan antara Tactical Games Model terhadap hasil belajar aspek psikomotor pada data pretest dan posttest.

Referensi

Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Andria, Y., Haris, I. N., & Riyanto, P. (2018). Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Hasil Belajar Bola Voli pada Siswa SMAN 1 Pagaden. BIORMATIKA: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2), 2461–3961. https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/285

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Multilateral, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Arimbawa, N. D. (2022). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 9(3), 99–106. https://doi.org/10.23887/jjp.v9i3.43944

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3), 156–167. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Bule, J., & Doni, D. (2020). Perbedaan Latihan Passing Target dan Rangkaian Latihan Passing terhadap Kemampuan Passing Bawah Atlet Bolavoli SMAN 8 Padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 26–31. https://doi.org/10.24036/jpo136019

Daniel, B. K., & Harland, T. (2017). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783

Dianawati, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaraan Cooperatif Learning Melalui Supervisi Kelas di SMP Negeri 2 Sidareja Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Insan Cendekia, 3(2), 100–121. https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v3i2.105

Erliana, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mini. Jurnal Multilateral, 13(1), 53–62. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/2462

Fajar, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1), 58–66. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Lantu, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Taktis pada Permainan Bola Voly Mata Pelajaran Penjaskes. Jurnal Dikmas, 2(3), 909–920. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1511

Mandasari, J., Waluyo, M. E., & Harista, E. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1275

Muzizat, M. T., Permadi, A. A., & Sonjaya, A. R. (2022). Modifikasi Bola Besar: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 2(2), 174–190. https://doi.org/10.52188/ijpess.v2i2.502

Nurlathifah, N., & Firmansyah, H. (2017). Pengaruh Pendekatan Taktis Teradap Kemampuan Bermain Hoki dan Pembentukan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 59–69. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6401

Poernomo, U. D., & Wulansari, N. A. (2015). Pengaruh Konflik Antara Pekerjaan-Keluarga pada Kinerja Karyawan dengan Kelelahan Emosional sebagai Variabel Pemediasi. Management Analysis Journal, 4(3), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/sju/maj/article/view/8870

Rizal, K. (2019). Pengaruh Latihan Passing Bawah dengan Pendekatan Taktis Terhadap Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli (Eksperimen pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SMP Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). 1–3.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-09

Cara Mengutip

Gustiana Pramudia Wardani, Ismaya, B., & Dermawan, D. F. (2024). Pengaruh Tactical Games Model Terhadap Hasil Belajar Aspek Psikomotor pada Pembelajaran Bolavoli Siswa SMPN 1 Kalijati . Jurnal Porkes, 7(2), 1084–1093. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i2.27315

Terbitan

Bagian

Articles