Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705Keywords:
Modifikasi, Bola Voli, PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modifikasi pembelajaran teknik passing bawah bola voli pada siswa SD Wotan 01. Jumlah populasi yang akan diteliti yaitu sebanyak 20 orang. Dimana sampel yang digunakan merupakan siswa kelas V dan VI.Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini maka akan diadakan pretest pada pertemuan pertama dengan tes passing bawah dari braddy modifikasi.Selanjutnya adalah memberikan perlakuan yaitu dengan memberi latihan menggunakan metode modifikasi permainan bola pantul kepada siswa tersebut sebanyak 16 kali pertemuan dengan setiap 1 minggunya melakukan 3 kali latihan.Setelah itu langkah terakhir adalah memberikan posttest berupa tes braddy modifikasi. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes dan pengukuran. Adapun instrument tes pengukuran yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes braddy modifikasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji-t(Paired Sample Test). Dari analisis statistik diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan kelompok pretest dan postest dalam passing bawah bola voli dengan metode modifikasi. Manfaat dari penelitian ini yaitu Memberikan gambaran teori teoritis terhadap guru penjas SD Negeri Wotan 01 pentingnya melakukan model-model pembelajaran yang bersifat modifikasi.
References
Arikunto. "Metodelogi Penelitian." Yogyakarta: Bina Aksara (2006).
Asri. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VI SDN 020 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Edu Research, 8(1), 1–10.
Afrian, H. (2018). Modifikasi Peraturan Permainan Tradisional Presean Tingkat Sekolah Dasar (SD). Jurnal Porkes, 1(2), 48-51.
Dwi, A. Y., & Kurniawan, R. (2017). Penerapan Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bolavoli. JP. JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 1(1), 1-12.
Daya, W. J., Chan, F., & Muzaffar, A. (2017). Penerapan Modifikasi Permainan Target Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bola Voli Fik Universitas Jambi. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(2).
Ernalita. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Voli Mini Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 06 Batang Gasan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 02(1), 199–210.
Effendy, F., Kharisma, Y., & Ramadhan, R. (2020). Penggunaan Modifikasi Permainan Bolavoli Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(1), 1-14.
Hendra, H., & Afrian, H. (2019). Modifikasi Permainan Tradisional Presean Tingkat Sekolah Dasar (SD). Jurnal Porkes, 2(1), 13-16.
Hidayati, N. (2013). Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran permainan bolavoli yang dilakukan dengan pendekatan modifikasi (Pada Siswa Kelas V SDN Wateswinangun I Sambeng-Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1).
Irwanto, E. (2017). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102-118.
Kurniawann, A. E. (2012). Modifikasi Model Pembelajaran Bola Voli melalui permainan Bola Voli Mini Berlapis. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(4).
Noprian, A. (2020). Pengunaan metode modifikasi dalam meningkatkan kemampuan smash permainan bolavoli. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 120-127.
Rahayu, S. (2014). Pengembangan Model Modifikasi Permainan Bolavoli Mini “Serpassring” Pembelajaran Penjasorkes Sd Kelas V. Journal of Physical Education and Sports, 3(2).
Rakhman, A. (2011). Modifikasi Permainan Bola Voli Dalam Pembelajaran Penjasorkes Untuk Menigkatkan Minat Siswa Putri SMA N 1 Kramat Tegal Tahun 2010 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Suryansah, S., Dinata, K., & Daniyantara, D. (2019). MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN PERESEAN DALAM MENINGKATKAN MINAT OLAHRAGA TRADISIONAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PRAYA TIMUR. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 3(1), 27-42.
William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. ISSN 2622-8130, 20(1), 71–80.
Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran), 1(1), 143-152.
Yono, T., & Sodikin, F. A. (2020). Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. Sparta, 2(2), 26-31.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License