Peningkatan Senam Lantai Meroda Dengan Model Cooperative Learning Tipe Circuit Learning
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.5047Keywords:
senam meroda, Circuit LearningAbstract
Eksplorasi ini bertujuan peningkatan senam lantai meroda melalui cooperative learning tipe circiut learning untuk Madrsah Tsanawiyah Nurul Huda Dau sebab kurangnya minat siswa yang mengikutti senam lantai meroda dan membutuhkan banyak model pembelajaran hingga menarik minat siswa untuk berolahraga. Proses pembelajaran yang membutuhkan waktu untuk prestasi demi mencapai nilai kkm eksplorasi perlu dilakuakan dan dikembangkan demi tercapainya hasil belajar yang diperoleh demgan kemampuannya. Eksplorasi ini ialah Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Eksplorasi ala lakukan dengan 25 siswa. Adapun eksplorasi menggunakan observasi, sikulus I, siklus II, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Instrumen eksplorasi menguntukan saat eksplorasi ialah rubrik penilaian gerak meroda(KI 3: Psikomotorik) dan lembar (KI 4: Kognitif). Teknik analisis data eksplorasi mengukur plus meraih hasil belaja serta menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil eksplorasi dalam pembelajaran 10 siswa tuntas 15 siswa tidak tuntas belajar. Siswa diberikan media cooperative learning tipe circuit learning sebagai alat meroda hasil belajar lazimnya dari 25 siswa diperoleh hasil belajar 80%. Kesimpulan bahwa eksplorasi pada siklus II tampak eskalasi efek belajar dari 25 siswa sebanyak 74%
References
Arikunto S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta. Penerbit Renika Cipta
Aeniah, B. (2020). peningkatan Prestasi Belajar IPS Materi Mengenal Cara Menghadapi Bencana Alam Dengan Model Cooperative Type Circuit Learning Siswa Kelas VI Semester I SDN Batu Kembar Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2015/2016. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) , 4 (1).
Ertanti, D. N., & Nugroho, D. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Guling Belakang. Phedheral, 14(1), 21-33.
Halim, A. F. (2012). Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain. Meningkatkan keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang menggunakan pendekatan bermain/Arif Faisol Halim.
Hanafiah, dkk. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran . Refika Aditama. Bandung
Khalilurrahman, K., Haetami, M., & Hidasari, F. P. Keterampilan Senam Lantai Melalui Pembelajaran Kooperatif Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Muslimin I. Jurnal Pendidikan DAN Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12).
Margono A. 2009. Senam. Surakarta: UNS Press
Putra, CA, & Setiawan, MA (2019). Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar , 3 (1), 1-6.
Pertiwi, E. S., Budi, D. R., Hidayat, R., Widanita, N., & Kusuma, I. J. (2021). Hubungan Kekuatan Otot Lengan, Kelentukan dan Keseimbangan Dengan Kemampuan Gerakan Senam Meroda. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 146-158.
Pratiwi, R. N. (2021). Pengembangan model-model latihan rangkaian gerak dasar pada senam lantai melalui VCD untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 18 Kota Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Paranna, M., & Airlanda, GS (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantu Multimedia Dan Media Sederhana Terhadap Kreativitas Siswa. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) , 3 (1), 57-63.
Prakentristiari, N. K. L., Astra, I. K. B., & Semarayasa, I. K. (2014). Penerapan Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 2(1).
Roji. (2004). Pendidikan Jasmani Untuk SMP. Jakarta : Erlangga
Rambe, RT (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circuit Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS dalam Memahami Materi Menghargai Peninggalan Sejarah Kelas IV SDN 006 Kecamatan Senapelan Pekanbaru (Disertasi Doktor, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Racutisyah, D. (2016). Penerapan Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Meroda Dalam Pembelajaran Senam Lantai (Studi Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Tempeh Kabupaten Lumajang). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).
Sudrajat, M. A. (2013). Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar senam lantai gerak meroda dan guling depan menggunakan metode part and whole untuk siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran rangkaian teknik dasar senam lantai gerak meroda dan guling depan menggunakan metode part and whole untuk siswa kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ngunut Kabupaten Tulungagung/Muhammad Akbar Sudrajat.
Sandari, F. R. (2012). Upaya meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan menggunakan metode part-whole untuk siswa kelas Xc di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar. Upaya meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan menggunakan metode part-whole untuk siswa kelas Xc di SMA Negeri 1 Garum Kabupaten Blitar.
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Penjakora, 7(1), 17-29.
Widianto, B. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Meroda pada Siswa XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016.
Yusuf, Y. (2018). Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License