Pengaruh Model Latihan Ergometer Terhadap Hasil Mendayung Perahu Rowing

Authors

  • Dewi Yuliawati Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rhama Nurwansyah Sumarsono Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6198

Keywords:

Ergometer, rowing, dayung

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji pengaruh model latihan ergometer terhadap hasil mendayung perahu rowing pada siswa ekstrakurikuler dayung di MA Nihayatul Amal Purwasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen, dengan jenis penelitian   eksperimen semu (quasi eksperimental design). Penelitian menggunakan bentuk one group pretest posttest design. Pelaksanaannya dalam 3 tahp yaitu prettest, treatment, dan posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler dayung yang berjumlah 20 dengan pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling siswa ektrakurikuler dayung yang erjumlah 8 siswa. Pengujian hipotesisi dilakukan dengan uji-T. Hasil pengujian hipotesis model latihan ergometer didapat waktu tes awal mean 586 detik (9’46”), standar deviasi 11.5, waktu minimum 602 detik (10’02”), dan maksimum 567 detik (9’27”) dan tes akhir mean 567 detik (9’27”), standar deviasi 9.58, waktu minimum 581 detik (9’41”), dan maksimum 551 detik (9’11”). Berdasarkan hasil perhitungan data tes awal dan tes akhir dengan menggunakan pendekatan statistik uji-t kelompok metode latihan terpusat t hitung = 2.624 taraf nyata/signifikan α = 0,05 dan t tabel (1.895) dengan dk = 8 (1.895). Kriteria pengujian adalah, diterima jika – t l-1/2 α < t hitung< t l-1/2 α. Hal tersebut menunjukan hasil mendayung perahu rowing meningkat setelah menggunakan model latihan yang berbeda.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=3452

Fajar, M. (2020). Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Patra Mandiri 1 Plaju. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3 (1), 90-101. http://dx.doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740

Gambar Teknik Mendayung. Tersedia di: http://www.BritishRowing.org /water Rowing technique –British Rowing. [Diunggah Pada tanggal 20 Desember 2018]. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Haryadi, SR (2014). Dampak Menggunakan Video Breaking Terhadap Peningkatan Keterampilan Mendayung Rowing (Disertasi Doktor, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/12739/

Junaidi, & Ikhwani, Y. (2018). Tingkat Keterampilan Servis Atas dan Passing bawah Siswa Putra Peserta Ektrakurikuler Bola Voli SMA Negerti Aceh Besar. 5 (2), 173–178. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/817

Jaya, M. K., & Rohmat, D. (2019). Perbandingan latihan plyometric jump to box dan knee tuck jump terhadap peningkatan muscle power pada atlet dayung rowing. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11 (1), 68-76. https://pdfs.semanticscholar.org/88a5/134cde498d098d072fab6ff7ad77281fae8a.pdf

Nurjaya, D. R. (2012). Pembinaan Atlet Jangka Panjang Cabor Rowing. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 4(2). https://doi.org/10.17509/jko-upi.v4i2.16236

Raharjo, F. F. (2014). Hubungan Partisipasi Mengiuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kedisilinan BELAJAR Dengan Kemandirian Blajar Siswa Sekolah Menengah Atas Neger 1 Byolali Tahun Ajaran 2013/2014. Tetrahedron Letters, 55 (3), 3909. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sosant/article/view/3400

Rianti, M. K., Supriyanto, & Suwarni. (2021). Survei Tingkat Keterampilan Passing Bawah Dan Passing Atas Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMA Negeri 8 Kaur. 2(September), 39–42. https://doi.org/10.33258/jder.v2i02.1591

Rozalita, S. (2020). Pengaruh Latihan Ergometer Terhadap Endurance Atlet Rowing Podsi Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/15556/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. ALFABETA.Gegerkalong Hilir Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Trifakhrizal, R., Mulyana, & Dede Rohmat N. (21 C.E.). Pengaruh Latihan beban (weigt Training) dengan metode Circuit Training terhadap Peningkatan Hasil tes Ergometer 2000M atelt Dayung Nomor Rowing. Industry and Higher Education,53. http://repository.upi.edu/67885/

Wibowo, Y. A., & Andriyani, F. D. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. UNY Pressrang. http://unypress.uny.ac.id/buku/pengembangan-ekstrakurikuler-olahraga-sekolah

Wahyuningsih, M. S., & Raharjo, A. (2015). Kontribusi Tinggi Badan, Rentang Lengan, Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai, Serta VO2Max Terhadap Prestasi Mendayung Mesin Rowing Jarak 2000 Meter Pada Atlet Dayung Nasional. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(12). https://doi.org/10.15294/active.v4i12.8795

Warnanda, R., & Irawan, R. J. (2022). Kontribusi Kelentukan Otot Pinggang Dan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Mendayung Perahu Naga. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 137-144. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/43655

Published

2022-12-20

How to Cite

Yuliawati, D., Achmad, I. Z., & Sumarsono, R. N. (2022). Pengaruh Model Latihan Ergometer Terhadap Hasil Mendayung Perahu Rowing. Jurnal Porkes, 5(2), 416–427. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6198

Issue

Section

Articles