Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Teknik Dasar Lay-Up Pada Pembelajaran Bola Basket
DOI:
https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6324Keywords:
Audio visual, lay up, pembelajaran, bola basketAbstract
Penguasaan teknik dasar lay-up siswa SMP Negeri 1 Purwasari masih rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media audio visual terhadap teknik dasar lay-up pada pembelajaran bola basket di SMP Negeri 1 Purwasari. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 169 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Purwasari sebabanyak 44 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design, Analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media audio visual terhadap teknik dasar lay-up shoot pada pembelajaran bola basket di SMP Negeri 1 Purwasari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media audio visual terhadap teknik dasar lay-up pada pembelajaran bola basket yang dilihat dari hasil pretest dengan nilai mean 4,2955, nilai standar deviasi 1,120 dan hasil posttest dengan nilai mean 6,7955, nilai standar deviasi 1,516. Serta dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan (0.05) dan diperoleh sig. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji t dimana 0.0000 < 0.05. Dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan teknik dasar lay-up pada pembelajaran bola basket di SMP Negeri 1 Purwasari, kemudian dapat dilihat dari presentase perubahan nilai rata-rata posttest sebesar 6,7955 > 4,2955 nilai rata-rata pretest.
References
Ari Y, R., & Indriyaniastuti. (2009). Pusat Perbukuan. https://doi.org/10.1007/s00268-015-3150-1
Bernhardin, D., & Rahmani, A. R. (2020). Pembelajaran On-Line : Pengunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Digital terhadap Penguasaan Gerak Dasar Lay Up. Jpoe, 2(2), 260–266. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.119
Erwan, M. T., & Nopiana, R. (2018). Pengaruh Variasi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tehnik Dasar Passing Chest Pass Bola Basket. Jurnal Porkes, 1(1), 14-20. https://doi.org/10.29408/porkes.v1i1.1096
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pembelajaran Kreatif: Identifikasi Perilaku Dan Karakteristik Peserta Didik Wujud Tanggungjawab Tunjangan Sertifikasi Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 999–1015.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(2019), 181–187. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571/160#
Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam olahraga. Penerbit Andi.
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Friska, D. Y., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). The use of audio visual media to improve student learning outcomes in material relationships between living creatures. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.
Gustiawati, R. R. (2017). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 1(1), 27. https://doi.org/10.26740/jossae.v1n1.p27-31
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Iqbal, R., Julianti, R. R., & Dimyati, A. (2019). Pengguna Model Pembelajaran Teman Sebaya (Peer Teaching) Dalam Teknik Dribble Pemainan Bola Basket. Jurnal Porkes, 2(2), 37-43. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1883
Juditya, S. (2018). Gerak Dasar Lay Up Shoot Pada Siswa Melalui Penerapan Model Psi (Personalized System Intraction) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diterapkannya Model Personalized System Intraction dengan menggunakan modul bergambar. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 2(November), 71–80. https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1735
Lukman, A. R., & Kurniawan, A. T. (2021). Pengaruh Metode Latihan Tutorial Teman Sebaya Dan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot. Jurnal Porkes, 4(2), 149-157. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4899
Malik, A. A., & Rubiana, I. (2019). Kemampuan Teknik Dasar Bola Basket: Studi Deskriptif Pada Mahasiswa. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 79–84. https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1238
Mertayasa, K., Rahayu, S., & Soenyoto, T. (2016). Metode latihan plyometrics dan kelentukan untuk meningkatkan power otot tungkai dan hasil lay up shoot bola basket. Journal of Physical Education and Sports, 5(1), 24–31. DOI 10.15294/JPES.V5I1.13275
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nur Ichsan, H. (2011). Tes dan Pengukuran Dalam Bidang Olahraga. Universitas Negeri Makassar.
Pelamonia, S. P., & Hariadi, H. (2019). Pengaruh Pelatihan Tricep Dips dan Tricep Kickback Terhadap Peningkatan Otot Lengan Atlet Bola Basket. Jurnal Porkes, 2(2), 32-36. https://doi.org/10.29408/porkes.v2i2.1878
Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 257–266. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1193
Pratama, D., & Puspita Sari, Y. (2022). Pengembangan Model Latihan Lay-Up Pada Permainan Bolabasket. Edukasimu.Org, 2(1), 2022–2023. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/65
Rosidah, C. T., Amelia Widya Hanindita, Ida Sulistyawati, & Apri Irianto. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kanigara, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3154
Sholihah, A. M., Pascasa, P., Na, R. J. A., Muha, U., & Iyah, M. (2018). Tesis Penerapan Media Pembelajaran Video Dalam Pencapaian Tujuan Intruksional Pendidikan.
Sunami, M., A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Suntoda S, A. (2009). Tes, Pengukuran, Dan Evaluasi Dalam Cabang Olahraga. 1–32.
Susilawati, D. (2018). Tes dan pengukuran. UPI Sumedang Press.
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Tuasikal, A. F. M. A. R. S. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Lay Up Dalam Permainan Bola Basket Pada Kelas Viii Smpn 2 Tanggulangin. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 467–471. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/31460
Winarno, M. E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Wulan, A. R. (2007). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. Jurnal, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Porkes is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International License