Motivasi Berenang Ditinjau Dari Usia

Authors

  • Satrio Sakti Rumpoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Karlina Dwi Jayanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rima Frebrianti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Arif Rohman Hakim Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Sunjoyo Sunjoyo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.7078

Keywords:

Motivasi, olahraga renang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi berenang ditinjau dari usia di Surakarta. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui besarnya motivasi intrinsik dan ekstrinsik dari seseorang yang melakukan olahraga berenang di kolam renang daerah Solo. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu motivasi, populasi yang digunakan adalah pengunjung kolam renang Tirtomoyo Manahan. Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik sampling  insidental  yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan insidental   bertemu dengan peneliti. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan skala psikologi, untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki motivasi instrinsik dan ekstrinsik dalam melakukan olahraga renang. Motivasi tersebut berbeda-beda sesuai dengan usia masing-masing sample. Faktor intrinsik pada kategori usia anak-anak (5 th-11 th) karena mereka ingin bermain dan senang dengan permainan  air, pada kategori usia remaja (12 th-25 th) sebagai gaya hidup dan menambah teman serta mengisi waktu luang, pada kategori dewasa (26 th-45 th) sebagai penunjang pola hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan, sedangkan pada kategori lansia (46 th-65 th) sebagai salah satu olahraga untuk terapi kesehatan yaitu sterapi asma dan kesehatan tulang. Faktor ekstrinsik para naraasumber rata-rata sama memilih kolam renang yaitu karena kolam renang Tirtomoyo berada di tengah kota dan memiliki fasilitas yang lengka serta lingkungan kolam yang bersih.

References

Anam, K., & Evitamala, L. (2021). Rehabilitas Pasca Covid-19 Dari Segi Fisik. Jurnal Porkes, 4 (2), 76-80. Doi. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4151

Adam, Q. H. (2020). Studi Daya Tahan Kardiovaskuler Pada Atlet Walisongo Sport Club (Wsc) Uin Walisongo Semarang. Jurnal Porkes, 3 (1), 15-19. Doi.10.29408/porkes.v3i1.1942

Azizah, N. N., Wiyono, W., & Suranto, S. (2017). Hubungan Kecepatan, Kelentukan dan Daya Tahan Terhadap Prestasi Renang Gaya Bebas. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 5(4).http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/13608

Andar, N. A., Indraswari, D. A., & Utami, A. (2018). Perbandingan Nilai Arus Puncak Ekspirasi Pada Lansia Wanita Yang Rutin Berenang Dan Yang Tidak Rutin Berenang. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 7(2), 615-626. https://doi.org/10.14710/dmj.v7i2.20705

Fitriyanto, D. (2017). Tingkat Motivasi Atlet Mengikuti Latihan Di Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Atletik Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/51205/1/Skripsi_Dani Fitriyanto_12602241069.pdf

Gani, R. A., Setiawan, E., Mahardhika, D. B., & Syamsudar, B. (2022). Menyelidiki Persepsi Atlet, Peran Orang Tua, dan Pelatih Tentang Tingkat Motivasi Latihan Renang di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1), 105-116. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5176

Ginting, M. S. D. B., Sitepu, A., & Jubaedi, A. (2018). Motivasi Siswa Terhadap Olahraga Renang Pada Club Renang Jaka Utama Bandar Lampung. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 6(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JUPE/article/view/16455

Herdianto, H., Iyakrus, I., & Usra, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Renang Melalui Materi Pengenalan Aktivitas Air Di Sekolah Dasar:(The Development of a Swimming Learning Model Through The Introduction of Water Activities in Primary School). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(3), 129-138. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i3.10517

Hidayat, R. R., & Ibrahim, I. (2021). Pemulihan Suhu Tubuh Dan Denyut Jantung Dengan Metode Sport Massage Dan Stretching Statis Setelah Berenang. Sport Science and Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.1000

Hernawan, H., Widiastuti, W., Timur, A. I., & Pradityana, K. (2018). Pengembangan Model Pengenalan Air untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 251-260. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.06

Jariono, G., Subekti, N., Sistiasih, V. S., Fatoni, M., Sudarmanto, E., Indarto, P., ... & Marganingrum, T. (2022). Pkm Pendampingan Dan Pelatihan Olahraga Renang Untuk Anak Usia Dini. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 2(1), 12-19. https://doi.org/10.53067/icjcs.v2i1.50

Kurnianto, D. (2015). Menjaga kesehatan di usia lanjut. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2). https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i2.5725

Kurniawan, I., & Winarno, M. E. (2020). Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan, Kekuatan Otot Tungkai dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Renang Gaya Bebas 50 Meter. Sport Science and Health, 2(11), 543-556. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11939

Lestariningrum, A. (2019). Pengaruh Senam Bebek Berenang Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Efektor, 6(1), 1-6. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12606

Nurhayati, F., Wibowo, S., & Febriyanti, I. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1), 79-93. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5313

Nuzularachmania, F., & Indarto, P. (2022). Pengaruh Tabata Workout Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Porkes, 5(1), 35-44. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5471

Prayoga, A. S. (2020). Aplikasi Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Jurnal Porkes, 3(1), 53-62. Doi.10.29408/porkes.v3i1.2087

Sistiasih, V. S. (2020). Peningkatan Penguasaan Teknik Renang Gaya Dada Dengan Metode Pembelajaran Resiprokal. Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University. Jurnal Porkes. Vol.3, No.1, Juni 2020, Hal. 63-70. Doi: 10.29408/porkes.v3i1.2201

Sanjaya, P. M. D., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248

Wardhani, A. R., & Supriyono, S. (2021). Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Renang Di Sd Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 242. Doi 10.15294/INAPES.V2I1.44382

Wahidin. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar.” Pancar 3(1):232–45. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291/237

Published

2022-12-20

How to Cite

Rumpoko, S. S., Jayanti, K. D., Frebrianti, R., Hakim, A. R., & Sunjoyo, S. (2022). Motivasi Berenang Ditinjau Dari Usia. Jurnal Porkes, 5(2), 609–619. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.7078

Issue

Section

Articles