STRATEGI BERTAHAN HIDUP KELUARGA BURUH BATU DUSUN TELUK NARA DESA MALAKA LOMBOK UTARA

Authors

  • Astika Wati Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/sosedu.v3i1.6916

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan tentang bagaimana strategi bertahan hidup yang di lakukan oleh keluarga buruh batu di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan hidup yang di lakukan oleh keluarga buruh batu adalah dengan menerapkan tiga pola yaitu strategi aktif yaitu dengan mengerjakan pekerjaan sampingan, mengikut sertakan anggota keluarga untuk mencari nafkah, seperti isti yang bekerja menjadi pemecah batu kerikil, memungut buah asam, memetik jambu mente, mencuci pakaian tetangga dan lain sebagainya. Strategi pasif yaitu keluarga buruh batu melakukan penghematan dengan cara meminimalisir pengeluaran,, membeli lauk pauk yang lebih murah dan lain sebagainya, dan yang terakhir yaitu strategi jaringan, yang dilakukan oleh keluarga buruh batu adalah dengan cara menjalin relasi yang baik dengan tetangga dan orang lain, selain itu keluarga buruh batu juga berhutang kepada tetangga yang berjualan dan meminjam uang kepada Bank.

References

Akdon. (2009). strategic Management for educational management. alfabeta: bandung. Aravik, h. (2018). konsep buruh dalamperspektif islam. islamic banking , 2.

Aslant, z. (2016). tindakan rasionalitas instrumental sukarelawan pengantar lalu lintas (supeltas) di kota malang. 7.

fadhilah, a. (2018). strategi bertahan hidup keluarga payabo di kelurahan rappokalling kecamatan tallo kota makassar. kajian masyarakat kontenporer .

Fadhilah, a. (2018). strategi bertahan hidup keluarga payabo di kelurahan rappokalling kecamatan tallo kota makassar. 13.

Firdaus, m. (2015). cara bertahan hidup penambang batu belerang tradisional untuk mencukupi kebutuhan keluarga. digital repository universitas jember , 15.

Geaputri, a. (2018). strategi bertahan hidup pengrajin patung batu. titisan puspakusuma . Herabudin. (2015). pengantar sosiologi. bandung: cv pustaka setia.

Irwan. (2015). strategi bertahan hidup perempuan penjual buah-buahan. Humanus , 186. Jones, p. (2010). pengantar teori-teori sosial. jakarta: yayasan pustaka obor indonesia.

Juanda, Y. A., Alfiandi, B., & Indraddin. (2019). strategi bertahab hidup buruh tani di kecamatan danau kembar alahan panjang.

Martono, N. (2016). sosiologi perubahan sosial. jakarta: rajagrafindo persada.

Ritzer, g. (2012). teori sosiologi dari sosiologi kelasik sampai perkembangan terakhir posmoderen. yogyakarta: pustaka pelajar.

Soyomukti, N. (2010). Pengantar Sosiologi Dasar Analisis, Teori & Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah Sosial, Perubahan Sosial & Kajian-Kajian Strategis. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Sugiyono. (2017). metode penelitiankuantitatif, kualitatif R&D. bandung: alfabeta. Sugono, d. (2008). kamus bahasa indonesia. 2040.

Usman, h. (2004). metodologi penelitian soaial. jakarta: bumi aksara. Widiyanto. (2009). sistem penghidupan dan nafkah pedesaan.

Zuriah, n. (2009). metodologi penelitian sosial dan pendididkan. jakarta: bumi aksara.

Downloads

Published

2019-12-29