INTERPRETASI TOKOH AGAMA DALAM KONSERVASI LAUT DI DESA JEROWARU LOMBOK TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.29408/sosedu.v3i1.6917Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran tokoh agama dalam konservasi laut di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Mengetahui interpretasi tokoh agama tentang konservasi laut di Desa Jerowaru Kecamatan Jerowaru Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran tokoh agama sangat penting dalam melakukan konservasi laut karena masyarakat akan mendengarkan orang-orang yang mereka hormati. (2) Interpretasi tokoh agama tentang konservasi laut yang dilakukan di Desa Jerowaru dengan menggunakan tindakan dakwah dan tindakan dengan perbuatan yaitu perbuatan yang dilakukan oleh tokoh agama dengan cara mencontohkan masyarakat dalam melakukan perlindungan pohon bakau.References
Agus Mushodiq. (2020). Sosial Dan Budaya Syar-I, Peranan Majelis Ulama Indonesia Dalam Mitigasi Pandemi Covid-19; Tinjauan Tindakan Sosial dan Dominasi Kekuasaan Max Weber. Jurnal Sosial Dan Budaya.
Albi Anggito. (2018). Metodologi Penelitian kualitatif . CV Jejak. Jawa Barat.
Andi Iqbal Burhanudin dkk. (2018). Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan. DEPUBLISH. Yogyakarta.
Arief Setyanto. (2021). Konservasi Laut dalam Pendekatan Biologi. UB Press. Malang.
Fredinan Yulianda Dkk. (2019). Daya Dukung Dan Rencana Pengelolaan Ekowisata Kawasan Konservasi Laut Model Kasus: Taman Nasional Kepulauan Seribu. IPB Press. Bogor-Indonesia.
Harini Muntasib. (2018). Interpretasi Alam. IPB Press. Bogor-Indonesia.
Hasanah. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan data Kualitatif Ilmu-Ilmu sosial). Jurnal At-Taqqaddun.
Jogiyanto Hartono. (2018). Metode Pengumpulan Data Dan Teknik Analisis Data. Andi (Anggota IKAPI). Yogyakarta.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher. Sidoarjo.
Munir dkk. (2006). Manajemen Dakwah. Fajar Interpratama offset. Jakarta.
Pip Jones dkk. (2016). Pengantar Teori-Teori Sosial Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post-modernisme. IKAPI. Jakarta.
Prahesti. (2021). Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Peserta Didik MI/SD. Jurnal Studi Islam.
Purwoko Agung Nugroho. (2019). Interpretasi Wisata Alam : Perencanaan InterpretasiWisata Alam Terpadu dan Mandiri. CV Budi Utama. Yogyakarta.
Suharman. (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal psikologi. Jombang.
Syahrir dkk. (2020). Aplikasi Metode SEM-PLS Dalam Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Dan Lautan. IPB Press. Bogor Indonesia.
Teddy Dyatmika. (2020). Peran Tokoh Agama, Pemerintah Daerah Dan Masyarakat Mengkomunikasikan Kampanye Sosial Protokol, Kesehatan. Anggota IKAPI. D.I. Yogyakarta.
Yulia. (2020). Hukum Laut Konservasi Sumber Daya Ikan Di Indonesia. Prenada Media Group. Jakarta Timur.
Yayat Suharyat. (2019). Metode Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Anggota IKAPI No 181. Jawa Tengah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. SOSIO EDUKASI provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. SOSIO EDUKASI can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the SOSIO EDUKASI must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. SOSIO EDUKASI provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. SOSIO EDUKASI can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License