Pelatihan Desain Grafis Guna Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berwirausaha Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Sembalun

Authors

  • Yupi Kuspandi Putra Universitas Hamzanwadi
  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Hamzanwadi
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Hamzanwadi
  • Mahpuz Mahpuz Universitas Hamzanwadi
  • Muhamad Sadali Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Wasil Universitas Hamzanwadi

Keywords:

Desain, Grafis, UMKM, Sembalun

Abstract

Desain grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti teks, bentuk, dan gambar untuk menyampaikan suatu pesan. Desain yang menarik merupakan salah satu alat bantu yang digunakan sebagai media promosi. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM tentang bagaimana membuat desain yang menarik serta dapat membuat desain sendiri agar meminimalisir biaya produksi dalam pembuatan desain di percetakan. Sasaran kegiatan adalah pelaku UMKM di Kecamatan Sembalun yang menjadi mitra utama. Target dan luaran pengabdian ini adalah terbentuknya keterampilan dan kreatifitas pelaku UMKM dalam membuat desain guna meningkatkan kualitas desain yang dapat mempengaruhi hasil penjualan. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, diharapkan dapat membantu semua pelaku UMKM  yang ada di Kecamatan Sembalun untuk dapat membuat desain sendiri serta dapat meningkatkan nilai jual produknya.

 

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247

Hariyanti, N. K. D., Astawa, I. N. G. A., Suwintana, I. K., & Sudiadnyani, I. G. A. O. (2019). Implementasi Jaringan Lan Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Di Kantor Desa Pikat Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung.

Marti’ah, S. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 3(2)

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212-219.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261-289.

Purnomo, N. C., Ardana, I. and Handoko, C. T. (2013) ‘Perancangan Kemasan dan Media Promosi Kue Gandjelrel Khas Kota Semarang’, Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), p. 7.

Rahayuningsih, P. A. (2020). Pemanfaatan Digital Kufi Dalam Meningkatkan Technopreneurship Pada Organisasi Prisma. WIDYA LAKSANA, 9(2), 213-216.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Susilowati, E. M. (2021). Pelatihan pembuatan masker kain dalam upaya mencegah penularan Covid 19 di Surakarta. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 102-108.

Suhartini, dkk., (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93-103.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Putra, Y. K., Fathurrahman, F., Nurhidayati, N., Mahpuz, M., Sadali, M., & Wasil, M. (2023). Pelatihan Desain Grafis Guna Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berwirausaha Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Sembalun. Jurnal Teknologi Informasi Untuk Masyarakat, 1(1), 1–6. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/teknokrat/article/view/21360

Most read articles by the same author(s)