Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Guru dan Siswa di MA NW Tembeng Putik

Authors

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dimana Guru dituntut untuk lebih melek Teknologi dan memanfaatkan TIK untuk mendorong siswa menguasai keterampilan Abad ke 21 agar mereka mampu beradaptasi dengan keberadaan teknologi yang dinamis. Keberadaan TIK dalam dunia pendidikan sebagai media pendukung pembelajaran diyakini dapat membawa perubahan positif dan signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan minat belajar siswa. Namun faktanya masih banyak Guru yang belum dapat memanfaatkan TIK dalam pembelajaraan secara optimal seperti yang terlihat pada Madrasah Aliyah NW Tembeng Putik Mamben Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah untuk memberikan pemahaman kepada Guru, Santri dan santiwati MA NW Tembeng Putik tentang penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran dan sejauh mana peranan ilmu komputer dalam menjalankan kegitan belajar siswa- siswi tersebut.

References

D. Penguatan, “Buku Panduan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dan PengabdianKepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI (Tahun 2017)”

Kementrian Pendidikan Nasional. (2010). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014. Jakarta : Kemetrian Pendidikan Nasional.

Kementrian Pendidikan Nasional. (2015). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Nasional 2015-2019. Jakarta : Kemetrian Pendidikan Nasional.

Pretty, JN., Irene, G., Ian, S., Jhon, T. (1995). A Trainer’s Guide for Participatory Learning and Action. Didapatkan dari: http://pubs.iied.org/pdfs/6021IIED.pdf. Diakses 17 Januari 2017

M, Jogiyanto H, 1992, Pengenalan Komputer, Andi Offset, Yogjakarta

Kadir, Abdul, 2003, Pengenalan Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Saiful, M., Muliawan Nur, A., Bahtiar, H., Yahya, Y., Samsu, L. M., Kuspandi Putra, Y., … hidayati, N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Guru dan Siswa di MA NW Tembeng Putik. Jurnal Teknologi Informasi Untuk Masyarakat, 1(1), 22–29. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/teknokrat/article/view/23210