PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI

Tuti Mutia, Sri Agustina, Suroso Suroso, Ramli Akhmad

Abstract


Tujuan pembelajaran tercapai apabila siswa secara aktif berinteraksi dengan komponen pembelajaran yang diatur oleh guru. Salah satu komponen pembelajaran yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran adalah model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menghasilkan interaksi terbuka antar siswa yaitu Think Pair Share (TPS). Model tersebut memberikan siswa kesempatan untuk berfikir dan membantu dengan teman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar Geografi.  Jenis Penelitian ini yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan desain nonquivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari: 1) variabel terikat adalah hasil belajar siswa dan 2) variabel bebas adalah model pembelajarn TPS. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes yang terdiri dari dua yaitu tes objektif dan subjektif, Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 40 butir. Analisis data menggunakan uji T independent dengan bantuan SPSS 20.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap hasil belajar. TPS memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan kemampuan analisis terhadap suatu permasalahan dan mengkomunikasikannya.


Keywords


pembelajaran kooperatif, model think pair share, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99-110.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 79-86.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107-123.

Ibrahim. (2015). Model Pembelajaran Kooperative. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lamba, H. A. (2016). Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD dan gaya kognitif terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).

Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif" Think Pair Share" terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Nurhadi, Yasin, B., Senduk, A.G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Rizkiwati, B.Y. & Jailani, H. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa. Educatio, 10(2), 249-261.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).

Sahrudin, S. (2010). Model Pembelajaran Think Pair Share. (online). Diakses 26 Juni 2018 dari (http://www.sriudin.com/2010/07/model-pembelajaran-tps.html).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran kooperatif mind mapping berbantu audio visual dalam meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-19.

Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Tu’u, T. (2014). Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: bumi aksara.

Utomo, B. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Geografi Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Jigsaw Dengan Model Think Pair Share Kelas Xi Di SMA N 2 OKU. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Warih, S. N. (2017). Hubungan Kedisiplinan Siswa dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPS Kelas III SDN Gugus Dewi Kunthi Gunungpati Semarang (doctoral dissertation, universitas negeri semarang).

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Copyright (c) 2020 Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

VISITORS