Author Guidlines
-
Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi menerima artikel dengan cakupan hasil penelitian dan kajian literatur (literature review) dalam bidang: 1) Pendidikan dan Pembelajaran Geografi; 2) Perencanaan dan Pengembangan Wilayah; 3) Pengelolaan Lingkungan; 4) Kebencanaan; dan 5) Kependudukan
- Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Garamond, font size 12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas 2,44 cm, kiri 2 cm, kanan 2 cm, dan bawah 2 cm.
- Naskah dikirim (submit) secara online melalui OJS Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/gdk/index
- Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 10 ketukan.
- Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Afiliasi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Temuan dan Pembahasan, Simpulan, dan Daftar Pustaka.
- Judul Artikel tidak lebih dari 15 kata, diketik dengan huruf kapital di tengah-tengah (center), dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold).
- Identitas penulis ditempatkan di bawah judul artikel, nama penulis ditulis tebal (bold) tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, dan dicantumkan juga email penulis.
- Abstrak dan kata kunci. Abstrak berisi: permasalahan, tujuan, metode, temuan dan simpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk abstrak berbahasa Inggris ditulis dengan format yang sama dengan bahasa Indonesia namun ditulis dengan cetak miring. Panjang masing-masing abstrak antara 150-200 kata dan kata kunci minimal 3 kata atau frasa, serta diketik dalam 1 spasi.
- Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan penelitian, dan kajian pustaka. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dan menggunakan aturan penomoran yang benar.
- Metode Penelitian berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
- Temuan dan pembahasan berisi paparan temuan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
- Simpulan berisi simpulan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian dan dibuat dalam bentuk paragraf.
- Penggunaan format in note dalam kutipan; dengan aturan (Nama belakang, tahun terbit), misal: (Moleong, 2010)
- Daftar Pustaka memuat referensi yang dirujuk dalam artikel dan diurutkan berdasarkan alfabet. Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir. Jenis pustaka yang digunakan minimal 80% bersumber dari jurnal nasional maupun internasional. Sumber rujukan yang disitasi minimal bejumlah 15 rujukan. Disarankan untuk mensitasi (mengutip) minimal satu artikel Jurnal Geodika sesuai topik yang ditulis. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA Style, seperti contoh berikut:
Buku, satu penulis
Leeder, A. (2006). 100 Ideas For Teaching Geography. London & New York: Continuum.
Buku, Banyak Penulis
Borengasser, M., Hungate, W. S., & Watkins, R. (2008). Hyperspectral Remote Sensing; Principles and Applications.New York: CRC Press, Taylor & Prancis Group.
Buku kumpulan artikel
Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational Design Research (hal 17-51). New York: Routledge.
Artikel dalam Jurnal
Monter, L., & Otto, K. H. (2018). The Concept of Disasters in Geography Education. Journal of Geography in Higher Education, 42 (2): 205-219.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian
Subhani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Hidrologi Model GAPETRA Program Studi Pendidikan Geografi. Disertasi tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Malang.
Internet
Playforce. (2015). Ideas for Taking Geography Outside. Diakses pada 26 Maret 2018, dari https://www.playforce.co.uk/about- us/news/ideas-for-taking-geography-outside
Prosiding
Williams, J., & Seary,K. (2010). Bridging the dividen: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. Dalam J. Terrel (Ed), Making the links: learning, teaching and high quality student outcomes. Prosiding the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (hal. 104-116). Wellington, New Zealand.
Prosiding Online
Cannan, J. (2008). Using practice based learning at a dual-sector tertiary institution: A discussion of current practice. Dalam R. K. Coll, & K. Hoskyn (Eds), Working together: Putting the cooperative into cooperative Education. Conference Proceeding of the New Zealand Association for Cooperative Education, New Plymouth, New Zealand. Diambil dari http://www.nzace.ac.nz/conferences/papers/Proceedings_2008.pdf.
14. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.
16. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
17. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel Geodika
18. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
19. Penulis melampirkan Surat Pernyataan Etika pada tahap ke-4 proses submit artikel.
20. Segala sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.