Pengembangan Bahan Ajar Sistem Informasi Geografis Berbasis Higher Order Tinking Skill (HOTS)

Authors

  • Ajun Purwanto IKIP PGRI PONTIANAK
  • Paiman Paiman IKIP PGRI Pontianak
  • Agus Sudiro IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3194

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Sistem Informasi Geografis, Higher Order Tinking Skill (HOTS)

Abstract

Salah satu kelemahan pembelajaran Sistem Informasi Geografis (SIG) di IKIP PGRI Pontianak saat ini adalah bahan ajar yang relatif kurang praktis dan kurang operasional. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kebutuhan modul pembelajaran SIG; 2) mengembangkan pembelajaran SIG berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS); dan 3) untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul pembelajaran SIG. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Teknik penelitian menggunakan observasi langsung saat perkuliahan dan wawancara tidak langsung. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah skoring dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang lebih praktis, efektif dan operasional sehinga lebih mudah dipahami. Pengembangan bahan ajar berdasarkan hasil analisa angket adalah berupa modul, karena lebih mudah memfasilitasi mahasiswa dalam belajar dan berfikir lebih kritis dalam menyelesaikan tugas-tugas yang sifatnya adalah proyek. Berdasarkan hasil analisis kelayakan diketahui bahwa kelayakan isi dengan nilai kelayakan sebesar 92,9%, kelayakan penyajian modul dengan nilai kelayakan sebesar 92,5% serta kelayakan kebahasaan memperoleh nilai 93,3%. Dengan demikian, maka modul pembelajaran SIG dalam penelitian ini layak digunakan.

Author Biographies

Ajun Purwanto, IKIP PGRI PONTIANAK

Pendidikan Geografi

Paiman Paiman, IKIP PGRI Pontianak

PendidikanGeografi

Agus Sudiro, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Geografi

References

Anggraini, J. (2019). Pengembangan Modul Brbasisi Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Talang Ubi. Skripsi. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang.

Association, N. E. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Guide to the “Four Cs.†Alexandria, VA: National Education Association.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. USA: ASCD.

Darwin, S. (2016). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan (Edisi ke-3). Bandung: CV Pustaka Setia.

Dewanto, S. A., Marpanaji, E., Mahali, M. I., Hasanah, N., & Wulandari, B. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Higher Order Thinking Skills pada Siswa Pendidikan Teknik Informatika. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 52-62.

Dick, W., & Carey, L. (2001). The Systemic Design of Instruction. United State: Addison-Wesley Educational Publishers Inc.

Duncan, A. (2009). Statement from US Secretary of Education Arne Duncan on results of NAEP Arts 2008 Assessment. Washington, DC: US Department of Education. Retrieved November, 10, 2013.

Fanny, A. M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 44-52.

Germaine, R., Richards, J., Koeller, M., & Schubert-Irastorza, C. (2016). Purposeful Use of 21st Century Skills in Higher Education. Journal of Research in Innovative Teaching, 9(1), 19-27.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st century skills: Prepare students for the future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121-123.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161-174.

Merta Dhewa, K., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The development of Higher Order Thinking Skill (Hots) instrument assessment in physics study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(1), 26-32.

Oktaria, Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA. Skripsi. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Putri, W. N., & Nugroho, M. A. (2016). Strategi Pengembangan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Madrasah. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 313-340.

Scholz, M. A., Huynh, N. T., Brysch, C. P., & Scholz, R. W. (2014). An Evaluation of University World Geography Textbook Questions for Components of Spatial Thinking. Journal of Geography, 113(5), 208-219.

Subhani, A., & Agustina, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Spatial Thinking to Solving Problem pada Program Studi Pendidikan Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 2(2), 41-52.

Thamrin, N. R., & Widodo, P. (2019). Developing Higher Order Thinking Skills (HOTS) for Reading Comprehension Enhancement. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 12073.

Tyas, M. A., Nurkamto, J., Marmanto, S., & Laksani, H. (2019). Developing Higher Order Thinking Skills (HOTS)–Based Questions: Indonesian EFL Teachers’ Challenges. Proceedings of the International Conference on Future of Education, 2(1), 52-63.

Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137-141.

Widana, I. W., Parwata, I. M. Y., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G. A. T., Sukendra, K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment Towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 24-32.

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Articles