Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Tengah Semester Geografi SMA Islam Al Azhar 14 Kota Semarang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v5i2.3696

Keywords:

analisis, kualitas butir soal, geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal geografi agar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Data yang digunakan berupa hasil pengerjaan soal pilihan ganda ulangan tengah semester geografi kelas XI IS 1 & 2 SMA Islam Al Azhar 14 Kota Semarang. Data diambil secara purposive sampling dan angket tertutup untuk mengetahui persepsi validator tentang kualitas soal yang dibuat. Data dianalisis dengan teknik deskripsi persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aspek materi/substansi terdapat revisi pada indikator pertama dan kedua; 2) aspek kontruksi terdapat revisi pada indikator pertama, kedua, keempat, dan kelima; 3) aspek bahasa terdapat revisi pada indikator pertama, kedua, ketiga, dan keempat; 4) Uji validitas terdapat 18 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; 5) Uji reliabilitas butir mempunyai  tingkat kepercayaan sangat tinggi; 6) Uji taraf kesukaran terdapat 23 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; 7) Uji daya beda soal terdapat 37 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan; dan 8) Uji efektivitas pengecoh/distractor terdapat 14 soal dapat dipertimbangkan untuk digunakan. Berdasarkan uji secara aspek kualitatif dan aspek kuantitatif dapat disimpulkan bahwa  instrumen tes yang dapat digunakan adalah soal nomor 1, 3, 4, 5, 6, 9, 11, 13, 14, 17, 20, 21, 22, 24, 26, 27, 28 dan 37 karena lebih berkualitas.

References

Aliman, et al (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Spasial Bagi Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(1), 1-10.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S, (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ayudia, A., Suryanto, E., & Waluyo, B. (2017). Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Laporan Hasil Observasi pada Siswa SMP. Basastra, 4(1), 34-49.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co. Inc.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhson, A. (2017). Panduan Penggunaan AnBuso. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi pada Guru SD. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1) 5–11.

Nurjanah, & Marlianingsih, N. (2015). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dari Aspek Kebahasaan. Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan, 2(1), 69–78.

Rahayu, T. D., Purnomo, B. H., & Sukidin, S. (2014). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 39-43.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal. Taraf Kesukaran, Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Journal Unipdu, 2(2), 192–213

Subali. B. (2014). Analisis Soal Baik Kualitatif maupun Kuantitatif. Disajikan pada Kegiatan Workshop Item Development Dosen Poltekes Kebidanan Politeknik Kesehatan Surakarta tanggal 18-19 Agustus 2014 di Griya Persada Conventional Hotel & Resort, Jl Boyong Kaliurang Barat. 1-36

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widoyoko, S.E.P. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanto, P.A., (2017). An Evaluation of the Quality of Geography Learning Program at SMA Negeri 1 Mayong Using Ekop Model. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6(2), 172-180.

Wijayanto, P. A., Allifah, A., & Amirrudin, A. (2016). Evaluasi Kualitas Instrumen Tes dalam Pembelajaran Geografi di MAN 2 Kota Batu. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 13(2), 101-113.

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-28