Studi Sanitasi Lingkungan Permukiman Nelayan di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Riecha Shofa Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Hasrul Hadi Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v1i2.857

Keywords:

Permukiman nelayan, Sanitasi lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi lingkungan permukiman nelayan di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Dalam penelitan ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat nelayan Desa Tanjung Luar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi lingkungan permukiman nelayan di desa tanjung luar masih tergolong rendah, hal ini didasari oleh kondisi permukiman yang rapat, sulitnya sumber air bersih khususnya air PDAM, pembuangan sampah dan kotoran manusia bukan di tempatnya melainkan di pinggir pantai atau sungai, karena tidak tersedianya TPS.

 

 

References

Afrizal Gaffar (2010) Respon Masyarakat Terhadap Fasilitas Sanitasi (MCK) di Kawasan Permukiman Nelayan Kelurahan Takatidung Kabupaten Polewali Mandar.

Allen, Will.et.al. (2002) Using Participatory and Learning –Based Approaches Environmental Management to Help Achieve Constructive Behavior Change. New Zealand: Ministry for Environment.

Azwar, A. (1996). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta; Mutiara

Beatley, Timthy, et al. (199) An introduction to Coastal Zone Management.

Depledge, Derrick, “Sanitation for Small Islands – Guidelines for Selection and Developmentâ€, South Pacific Applied Geoscience Commision (SOPAC), September 1997. Dompak Kota Tanjung Pinang.

Greenwald, Anthony, G. 1968. Psychological Foundations of Attitudes. New

Hadi, Sudharto P,(2000) Manusia dan lingkungan. Semarang : Badan penerbit

Horton, Paul B, Chester L. Hunt. (2003) Sosiologi. Jakarta : Erlangga Investment Planning program in Polewali Mandar. NUSSP Dinas Pekerjaan Umum Bidang Cipta Karya Kabupaten Polewali Mandar.

Kodoatie, Robert J. (2012). Tatam Ruang Tanah. Yogyakarta: Andi.

Kodoatie, Robert J. (2008). Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu. Yogyakarta:: Andi.

Kondoatie, Robert J. (2003) Manajemen dan Rekayasa Infastruktur. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-12-17