Strategi Pengembangan Objek Wisata Gua Batu Cermin Ditinjau dari Aspek Lingkungan Geografis di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat

Authors

  • Nining Indayani Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi
  • Susmala Dewi Program Studi Pendidikan Geografi, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/geodika.v2i1.870

Keywords:

Aspek Lingkungan Geografis, Strategi Pengembangan Objek Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui  Hambatan dan Srategi Pengembangan Kawasan Objek Wisata Gua Batu Cermin Ditinjau Dari Aspek Lingkungan Geografis Di Kecamatan Komodo Kabupaten Manggrai Barat.  Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bertujuan mengumpulkan data berupa kata kata tertulis dari orang orang yang di wawancarai  atau orang orang yang diamati pada saat melakukan penelitian. Secara umum Subjek dalam penelitian ini  adalah masyarakat/pengunjung, pemerintah pariwisata dan pemandu pariwisata di Gua Batu cermin NTT. Adapun Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan mengunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi secara lansung dengan informasih di lapangan untuk mendapatkan data yang di butuhkan. Data Analisis data dalam penelitian ini mengunakan model analisis interaktif, model analisis interaktif terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Jadi hasil penelitian yang di temukan oleh peneliti selama di lokasi penelitian diantaranya faktor mengahabat perkembangan objek wisata Gua Batu cermin MCK/ kamar mandi masih kurang, tempat dududuk (berugak) dan musollah belum ada, kurangnya perawatan, kualitas dan kuantitasa  sumber daya manusia di bidang pariwisata  dan kebudayaan  masih kurang  dan persaingan dengan antraksi wisata lain di luar Kabupaten Manggarai Barat,  kurangnya infrastrukutur trasportasi umum masih kurang.

References

Demartoto. (2008). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pedesaan Oleh Pelaku Wisata Di Kabupaten Boyolali, Laporan Penelitian Dan Kajian Ilmiah, Fakultas Ilmu social dan ilmu politik Universitas sebelas maret, Surakarta.

Moleong. J ( 2000). Metodelogi penelitian kualitatif. Rosdakarya Offset: Bandung

Marpaung, H., Happy, Bahar., Herman. (2002). Pengantar pariwisata. Jawa Barat: Alfabeta.

Petrus, A, A. (2008) Strategi pengembangan pariwisata nusa tenggara timur. Institut Pertanian Bogor.

Subhani, A. (2010). Potensi Obyek Wisata Pantai Di Kabupaten Lombok Timur Tahun 2010 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Sugiyono. (2009). Penelitian Kualitati Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2018-06-17

Issue

Section

Articles