PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI

Authors

  • Trisna Kusuma Wardani Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat
  • Azmussya'ni Azmussya'ni Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.7459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan menulis deskripsi bahasa Indonesia. Penelitian ini bertempat di jurusan PGSD UNU NTB tahun akademik 2021/2022. Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa semester dua pada jurusan PGSD, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desan factorial 2x2. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan factorial 2x2 ANAVA dengan taraf signifikasni α 0,05. Dalam penelitian data yang dikumpulkan menggunakan dua instrumen yaitu tes dan non-tes. Dari hasil analisi dan interpretasi data peneliti mendapatkan bahwa. (1) kemampuan menulis deskripsi pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode inqury lebih tinggi dari pada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode modeling; (2) kemampuan menulis deskripsi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-independent lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis desriptif. (4) kemampuan menulis deskriptif yang belajar dengan metode inquiri lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode modeling yang memiliki gaya kognitif field-independent; (5) kemampuan menulis deskriptif yang belajar dengan metode modeling lebih tinggi dari pada mahasiswa yang belajar dengan metode inquiri yang memiliki gaya kognitif field-dependent. Penelitian ini disarankan untuk dosen dan guru yang akan mengajarkan kemampuan menulis deskripsi bahasa Indonesia agar menjadi kelas interaktif dan memperoleh mahasiswa yang aktif. 

 

Kata kunci: Gaya Kognitif, Menulis Deskripsi

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter, bandung: PT Refika Aditama.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Demita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandng: Remaja Rosdakarya.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hardini Isriani, Dewi Puspitasari. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & implementasi, Yogyakarta: Group Relasi Iinti Media.

Iskandarwassid dan Sunendar. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Johonson, Elaine B. (2011). CTL Contextual Teaching Learning: Menjadi Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Kafiar, dkk. (2015). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLTV ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya. ISSN: 2303-0992.

Khodadady, Ebrahim. (2012). Field-Dependence/Independence Cognitive Style and Performance on the IELTS Listening Comprehension, International Journal of Linguistics, Iran: September, 01. 2012

Lasamahu, Sarina. (2010). Pengarauh Pendekatan Pembelajarn dan Kreativitas Verbal Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Bahsa Jerman Siswa Sma Negeri 7 Ambon Jakarta: Pascasarjana UNJ. 2010

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanto, Herry Agus. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Sleman: Deepublish.

Uno, Hamzah B. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama.

Yami, H. Martinis, M.Pd. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada.

Yazici, Yasemin Erkan. (2013). Effects of spatial experiences & cognitive styles in the solution process of space-based design problems in the first year of architectural design educatio, Int J Technol Des Educ (2013) 23:1005–1015 DOI 10.1007/s10798-012-9220-x, Istanbul Kultur University, Istanbul, Turkey.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Wardani, T. K., & Azmussya’ni, A. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI. Journal of Lombok Studies, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.29408/jls.v1i2.7459