Metode Resitasi dengan konteks Kearifan Lokal untuk Menuntaskan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Fisika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v7i1.13327

Keywords:

metode resitasi, kearifan lokal, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menuntaskan hasil belajar mahasiswa calon guru fisika melalui penerapan metode resitasi dengan konteks kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian meliputi semua mahasiswa kelas 2B yang mengikuti perkuliahan Pengantar Pendidikan pada semester genap tahun 2023 di Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram sebanyak 26 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan, sejak 13 Februari sampai dengan 20 Maret 2023. Adapun pemberian tugas dengan konteks kearifan lokal dilakukan sebanyak 2 kali. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 5 soal yang diberikan pada pertemuan ke-7. Ketuntasan hasil belajar mahasiswa dinyatakan dalam bentuk persentase. Mahasiswa dikatakan tuntas belajar secara individual bila mahasiswa tersebut memperoleh nilai minimal 75 (nilai B). Ketuntasan klasikal diperoleh bila 80% mahasiswa tuntas belajar secara individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal diperoleh sebesar 100% dengan nilai rata-rata sebesar 82.69 (nilai B+). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semua mahasiswa kelas IIB telah tuntas belajar melalui penerapan metode resitasi dengan konteks kearifan lokal.

References

Agustina, H. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Matematika Melalui Metode Resitasi. Suara Guru, 4(2), 675–682.

Andani, T. G., Habibah, F. N., Malkan, M., Insani, F. A., & Hikmawati. (2022). Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 Meningkatkan 5 Aspek Literasi Peserta Didik. Kappa Journal, 6(1), 98–104. https://doi.org/10.29408/kpj.v6i1.5745

Ariyanti, Maulana, A., & Damayanti, E. (2021). Pembelajaran Metode Resitasi Dan Brainstorming Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Biotek, 9(1), 1–10.

Febniani, E. R., Taufik, M., Hikmawati, H., & Susilawati, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Kappa Journal, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.29408/kpj.v6i1.5767

Gunawan, A. R., Hikmawati, Gunada, I. W., & Susilawati. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL berbantuan simulasi PhET Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kappa Journal, 5(2), 9–16. https://mail.widyaparwa.com/index.php/widyaparwa/article/view/510

Harefa, D. K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok. Jurnal Global Edukasi, 4(5), 271–278. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2364

Helfi, D. (2021). Penggunaan Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Pembangunan UNP Padang Tahun Pelajaran 2005/2006. SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(4), 323–328.

Hikmawati, Gunawan, Aminah, & Budiman, L. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan ke-2 pada Tahun 2021 di SMPN 19 Mataram. Kappa Journal, 5(2), 277–288.

Hikmawati, H, Gunawan, G., Sahidu, H., & Kosim, K. (2021). Effect of Local Culture Based Learning in Science on Critical Thinking and Student Communication Skills. Journal of Science and Science Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.29303/jossed.v2i1.713

Hikmawati, Hikmawati, Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2020). Ethnoscience-Based Science Learning Model to Develop Critical Thinking Ability and Local Cultural Concern for Junior High School Students in Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 60–66. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.530

Hikmawati, & Suastra, I. W. (2021). Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Berbasis Kearifan lokal Pada Mata Kuliah Kajian Fisika Sekolah Menengah. Kappa Journal, 5(2), 34–42.

Hikmawati, & Suastra, I. W. (2022). Implementasi Model Project Based Learning untuk Meningkatkann Keterampilan Dasar Mengajar yang Dimiliki oleh Mahasiswa Calon Guru. Kappa Journal, 6(2), 166–177.

Hikmawati, Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2021). Local wisdom in Lombok island with the potential of ethnoscience for the development of learning models in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1816(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012105

Kasmir, K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340–350. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.58

Permendikbud RI No 20 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal 8 (2018). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Lana, K., & Malan, I. H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Konsep Gaya Dengan Menggunakan Metode Resitasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika, 2(1), 27–40.

Luthfiah, Q., Sartika, D., & Wulandari, M. (2021). Metode Resitasi: Analisis Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 2(3), 84–88. https://doi.org/10.37251/isej.v2i3.177

Nuranisa, N., Irhasyuarna, Y., & Iriani, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chemsketch Dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrokarbon. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(1), 24–33. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i1.529

Pramesti, A. A., & Rini, J. (2021). Studi Perbandingan Metode Resitasi Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 15–24.

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491.

Rohman, A. H., Kosim, Gunada, I. W., & Hikmawati. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL Pada Materi Gerak Parabola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Kappa Journal, 5(2), 231–239.

Rumiati, E. (2020). Penggunaan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Terpadu Tentang Letak Geografis Dan Koordinat Negara ASEAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-G SMPN 6 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 211–222. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3635

Susanti, R., & Putri, W. T. A. (2021). Penggunaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Al Thifl, 1(2), 33–42. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13876%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/13876/1/SKRIPSI 210617128 RAHAYU SUSANTI.pdf

Tanaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles