Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Pemberian Biografi Ilmuwan Pada Mata Kuliah Fisika Dasar I: Dampak Sikap Ilmiah dan Motivasi belajar

Hadma Yuliani

Abstract


The application of PBL along with the biographies of scientists in learning physics is expected to have an impact on scientific attitudes and student motivation to learn. The objectives of this study were: (1) To find out the improvement of students' scientific attitude after PBL was applied by giving scientists biographies in Basic Physics I course; (2) To find out the increase in students' learning motivation after PBL by applying the biographies of scientists in the Basic Physics I course. This study used a quantitative approach with descriptive research type. The data collection technique used a questionnaire for scientific attitudes and learning motivation. The results showed: (1) There was an increase in the ability of scientific attitudes by applying PBL by giving scientists biographies in the Basic Physics I course in the medium category with an N-gain value of 0.523 and (2) There was an increase in learning motivation by applying.

Keywords


Model problem based learning, pemberian biografi ilmuwan, sikap ilmiah, dan motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150.

Asnaeni, Lestari, L., & Atmojo, I. R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktika Dwija Indria, 5(5).

Astawa, I. M., Sadia, W., & Suastra, W. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN KONSEP DIRI SISWA SMP. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5(2), 1-11.

Azizah, R. O. (2019). KAJIAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST. 1, pp. 262-266. yogyakarta: UST Press.

CLEOPATRA, M. (2015). PENGARUH GAYA HIDUP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181.

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2013). PEMBELAJARANSAINTIFIK ELEKTRONIKA DASAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. INVOTEC, 9(2), 165-178.

Fitriyanti, Farida, & Zikri, A. (2020). PENINGKATAN SIKAP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA MELALUI MODEL PBLDI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basiced, 4(2), 491-497.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Hamzah. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Harapit, S. (2018). PERANAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 912-917.

Herabudin. (2010). Ilmu Alamiah Dasar . Bandung: Pustaka Setia.

Jasin, M. (2010). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khoirunisa, A., Rohmadi, M., & Yuliani, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Numbered Heads Together:Dampak Hubungan Aktivitas dengan Hasil Belajar. Kappa Journal, 4(2), 165-171.

Lestari, N. N. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM- BASED LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2), 1-21.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21? Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.

Natalina, M., Mahadi, I., & Suzane, A. C. (2013). enerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Seminar FMIPA Universitas Lampung (pp. 83-92). Lampung: UNILA.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. (2012). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99-109.

ROFIQOTURROHMAH, A. (2019). PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI BIOGRAFI TOKOH DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK TRI SUKSES NATAR TAHUN AJARAN 2018/2019. UNIVERSITAS LAMPUNG, Prodi Bimbingan dan Konseling FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. Lampung: UNIVERSITAS LAMPUNG. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58880

Shinta, S., Fatmawati, S., & Nasir, M. (2020). KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Kappa Journal, 4(1), 16-22.

Sinurat, R. (2017). STUDI EKSPLORATIF PERSEPSI GURU DAN CALON GURU FISIKA TERHADAP MATA KULIAH SEJARAH FISIKA. Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32435

Sodikin. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Alat Ukur dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 255-267.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sunariyati, N. L., Agung, A. A., & Dantes, N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING/PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Toharidin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Wajdi, B. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Kappa Journal, 1(2), 9-18.

Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap KemampuanPemecahan Masalah Fisika dan Sikap IlmiahSiswa di SMAN2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(5), 28-35.

Wirda, W., Gani, A., & Khaldun, I. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 131-142.

Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. Surakarta: UNS.

Yunita, N., Zahara, L., & Sahidi, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, 4(2), 233-239.




DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: kappajournal@hamzanwadi.ac.id,
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj

Creative Commons License
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats