PENGARUH PEMBERIAN PRE TEST DAN POST TEST TERHADAP KESIAPAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 7 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

M Barkah Salim

Abstract


Berdasarkan hasil survei pada kelas VII SMP Negeri 7 Metro diperoleh hasil ulangan harian IPA siswa semester ganjil masih rendah, hanya 13,3% siswa yang mencapai KKM, sedangkan 88,7% belum mencapai KKM. KKM yang ditetapkan sekolah adalah 75. Kesiapan siswa sebelum proses pembelajaran masih sangat kurang dan banyak siswa tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran. Sebagai alternatif pemecahan masalah maka dilakukan penelitian eksperimen yaitu dengan pemberian pre test dan post test.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pre test dan post test terhadap kesiapan dan hasil belajar IPA. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Metro yang berjumlah 219 terdiri dari 7 kelas. Sampel dipilih menggunakan Cluster Random Sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan menggunakan pre test dan post test dalam kegiatan pembelajarannya, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan dalam kelas tersebut. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes, observasi dan angket.

Hasil pengujian hipotesis dengan Ttes dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) ada pengaruh pemberian pre test dan post test terhadap kesiapan belajar. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan rata-rata kesiapan belajar siswa yang pembelajarannya disertai pre test dan post test, dan kesiapan belajar siswa yang pembelajarannya tanpa pre test dan post test. Perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kesiapan belajar siswa diperoleh thitung > tdaftar (pada taraf signifikan 5% maupun 1%). 2) ada pengaruh pemberian pre test dan post test terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya disertai pre test dan post test, dan hasil belajar siswa yang pembelajarannya tanpa pre test dan post test. Perhitungan uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar siswa diperoleh thitung > tdaftar (pada taraf signifikan 5% maupun 1%). Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian pre test dan post test berpengaruh positif terhadap kesiapan dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 7 Metro. Saran untuk agar pembelajaran yang disertai pemberian pre test dan post test dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran untuk mengajak siswa siap, memotivasi dan menambah antusiasme belajar siswa untuk lebih giat lagi.

Keywords


term3

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daryanto.2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Purwanto, Ngalim. 2004. Prisip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wulansari, Widi. 2011. Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Dalam Setiap Kegiatan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN III Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta (http://digilib.uin-suka.ac.id/2556/1/BAB%20I,%20DAFTAR%20 ABSTRAK.pdf).




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF (Indonesian) - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors