Peningkatan Metakognitif Mahasiswa Fisika Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum

Authors

  • Alpiana Hidayatulloh Univeristas Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Malikah Hr Univeristas Nusa Tenggara Barat
  • Hardani Hardani Politeknik Medica Farma Husada Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.757

Keywords:

metakognitf, fisika kuantum, motivasi, prestasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Universitas Hamzanwadi pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan program studi pendidikan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih banyak metakognitif dari siswa pada kuantum, untuk melihat tidak ada tindakan yang dilakukan untuk melihat dan melihat berapa banyak siswa yang menggunakan data tersebut sebagai siswa angket metakognitif. Analisis data yang digunakan untuk angket dan angket hanya menggunakan nilai rata-rata dari hasil evaluasi dan biaya angket siswa secara keseluruhan. Dari hasil tes dapat disimpulkan bahwa metakognitif dari hasil evaluasi 75%.

References

Asri, N. 2016. Penerapan strategi metakognisi pada pembelajaran kooperatif untuk mengidentifikasi profil metakognisi siswa kelas X. jurnal fisika. 2(2) : 10 – 16.

Flavell, J. 1979. Metacognitive dan cognitive monitoring. A new area of cognitive developmental inquiry American psychologis. 3(4) : 906 – 911.

Iskandar, srini M. 2014. Pendekatan keterampilan metakognitif dalam pembelajaran sains di kelas. Jurnal erudio. 2(2 ) : 5 – 11.

Khairati. 2016. Penerapan strategi metakognisi pada kooperatif learning untuk mengetahui profil metakognisi dan peningkatan prestasi belajar siswa SMA pada materi fluida statis. Jurnal fisika. 2(1) : 65 – 70.

Sri, agustina. 2012. Penerapan model pembelajaran generative dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika. jurnal pembelajaran fisika (JPF). 1(2).

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles