Hasil belajar pada Siswa Sekolah Menengah di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik

Luvia Ranggi Nastiti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL.

       Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pre-experiment, dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar (THB) kognitif dan lembar tes hasil belajar  (KMM.

            Hasil penelitian: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model PBL dan PjBL dapat dikatakan mengalami peningkatan; 2) hasil nilai N-Gain hasil belajar  siswa pada kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training memperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0.45 dengan kategori sedang;

Keywords


Hasil belajar ; Problem-Based Learning (PBL); Project-Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Afid Burhanuddin, Pengertian dan Unsur Pendidikan, ARTIKEL Penelitian h. 4-6

Hake, Richard R. “Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses,” Am. J. Phys. 66, 64–74 _1998_.

Hamruni, Strategi Pembelajaran ( Yogyakarta: Insan Madani, 2012), h. 6.

Kemendikbud, pendekatan dan strategi Pembelajaran (Jakarta: t.p., 2013 ), h. 1

Kemendikbud, Pendekatan, Jenis Dan Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: T.P. 2013), h.208.

Made wena, Strategi Pembelajaran Inivatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2011, H. 60

Made Wena, 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang : Bumi Askara, h.52-53

permendikbud tahun 2014 no. 103

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajagrafindo Bersada, h. 229, 232, 243

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006, h. 12

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 309

Suharsimi Arikumto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2003, h. 438.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian..., hal.178

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian…………………………, h.230.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian..., h.231-232

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar..., h.213

Sumarna Surapranata, Analisis Validitas Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004,h.144

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Pranada media, h. 92

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2009,h.239

Winkel, W. S, Psikologi Pengajaran.. Jakarta: PT. Gramedia, 1996, h. 50

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011, h. 128




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/kpj.v2i1.759

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors