PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Badrul Wajdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media power point terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muallimat NW Pancor. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-C seagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes berupa pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t satu pihak. Hasil hipotesis menunjukan bahwa thitung>ttabel yaitu (1,78>1,675) yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media Power Point terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII MTs Muallimat NW Pancor

Keywords


Problem Based Learning, Power Point, Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/kpj.v2i1.762

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF (Indonesian) - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors