PENGARUH MEDIA LABORATURIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN EKSPERIMEN DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP ILMIAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA TINGKAT TINGGI

Tsamarul Hizbi, Fartina -

Abstract


Penelitian ini dilakukan di MA NW Kotaraja semester ganjil Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar fisika tingkat tinggi yang dibelajarkan dengan media laboraturium virtual metode inkuiri terbimbing dan eksperimen, 2) Pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika tingkat tinggi, 3) Untuk kelompok siswa yang memilki sikap ilmiah tinggi; Apakah hasil belajar siswa lebih tinggi dibelajarkan dengan media laboraturium virtual metode inkuiri terbimbing dibandingkan eksperimen, 4) Untuk kelompok siswa yang memilki sikap ilmiah rendah: Apakah hasil belajar siswa lebih rendah dibelajarkan menggunakan media laboraturium virtual metode inkuiri terbimbing dibandingkan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain treatment by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI-MIPA yang berjumlah dua kelas. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh artinya semua anggota populasi diambil menjadi sampel, dan XI-MIPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI-MIPA1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan tes. Teknik angket digunakan untuk mengukur tingkat sikap ilmiah siswa, sedangkan teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar fisika tingkat tinggi materi fluida. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Lieliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartleth. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji variansi (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut ANAVA menggunakan rumus uji-t. Hasil uji didapatkan; 1) Hasil belajar fisika tingkat tinggi yang dibelajarkan dengan media laboraturium virtual metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan metode eksperimen, 2) Ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika tingkat tinggi, 3) Untuk kelompok siswa yang memilki sikap ilmiah tinggi; Hasil belajar siswa tidak lebih tinggi dibelajarkan dengan media laboraturium virtual metode inkuiri terbimbing dibandingkan eksperimen, 4) Untuk kelompok siswa yang memilki sikap ilmiah rendah: Hasil belajar siswa lebih rendah dibelajarkan menggunakan media laboraturium virtual metode eksperimen dibandingkan metode inkuiri terbimbing

Keywords


Media Laboriturium Virtual, Metode Inkuiri Terbimbing, Eksperimen, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Fisika Tinggi Materi Fluida.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Hizbi Tsamarul, 2015, Pengaruh Metode Eksperimen Inkuiri Terbimbing Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa E-Journal EducatiO Volume 10 Nomor 2 tahun 2015.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunarno. (2010). Pembelajaran Metode Eksperimen dan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan dalam Menggunakan Alat Ukur (Studi Kasus Pembelajaran Fisika untuk meningkatkan Prestasi Belajar Materi Suhu dan Kalor pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pati). Diunduh di http://eprints.uns.ac.id/5561/1/131190508201009301.pdf pada 18 Desember 2014

Suyono dan Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/kpj.v2i1.775

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF (Indonesian) - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Visitors