Analisis Persepsi Dan Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris Fisika Iain Palangka Raya Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Matriks Laboratory (Matlab)

Authors

  • Muhammad Nasir IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v1i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis persepsi mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Palangka Raya terhadap model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB, dan  2) Menganalisis kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB, 2).  Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dianalisis  menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang teridri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan). Desain penelitian menggunakan one group case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswa Tadris Fisika IAIN Palangka Raya secara keseluruhan adalah sangat positif terhadap model pembelajaran berbasis proyek menggunakan MATLAB. 2) Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya mengalami beberapa kesulitan belajar pada penerapan model pembelajaran menggunakan MATLAB yaitu a) Kurang mengetahui simbol-simbol dan fungsi pada MATLAB; b) Sering terjadi kesalahan dalam menulis skrip sehingga menjadi eror saat dipanggil di command window; c) Sulit untuk membuat interpretasi dengan persamaan gelombang optik. Kesulitan tersebut disebabkan karena mahasiswa tidak terbiasa dengan bahasa komputasi yang lebih tinggi seperti yang ada pada bahasa pemrograman MATLAB.

Kata Kunci: Analisis Kesulitan Belajar,  Matriks Laboratory (MATLAB),

Model Pembelajaran Berbasis Proyek

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Creswell. J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson Education, Inc.ln.

Hosan. 2014. Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Bogor. Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SMA/SMK Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Lasauskiene, J and Rauduvaite, A. 2015. Project-Based Learning at University:Teaching Experiences of Lectures. Procedia-Social and Behavioral Sciences 197 (2015) 788 –792 (Available online at www.sciencedirect.com)

Melllor, C .2010. Teaching Physics with MATLAB Through Project-Base Learning. (https://www.mathworks.com/academia/courseware/teaching-physics-with-matlab.html, diakses pada tanggal 8 Pebruari 2017)

Miles, Matthew B & Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Poerto, M.L.D., 2012. Teaching Modern Physics with MATLAB: Simulations and Experiments.(https://www.mathworks.com/academia/courseware/teaching-physics-with-matlab.html, diakses pada tanggal 8 Pebruari 2017)

Rani, S. 2013. Modul Pelatihan Pemrograman MATLAB. Yogyakarta: HIMPASIKOM UGM. (https://ligthnearby.files.wordpress.com/2013/05/modul-matlab.pdf, diakses pada tanggal 30 Februari 2018).

Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2017-12-10

Issue

Section

Articles