Hubungan Kepemimpinan dan Kemampuan Melaksanakan Proses Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani

Rekha Ratri Juliati, Rahmat Iqbal, Rhama Nurwansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kepemimpinan dan kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMK Negeri 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Koefisien determinasi kepemimpinan dalam hasil belajar pendidikan jasmani (r2y) = 0,245, berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kepemimpinan guru pendidikan jasmani (X1). Koefisien determinasi kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar dalam hasil belajar pendidikan jasmani (r2y2) = 0,860,berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani (X2). Kekuatan hubungan antara ketiga variabel tersebut dinyatakan oleh ry1-2 = 0,996. Uji keberartian koefisien korelasi di atas terlihat bahwa t hitung = 49,60 lebih besar dari t tabel = 1,658 berarti koefisien korelasi ry1-2 = 0,996, hal ini berarti hasil belajar pendidikan jasmani ditentukan oleh kepemimpinan dan kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar guru pendidikan jasmani.

 

DOI: 10.29408/porkes.v2i2.1885


Keywords


Kepemimpinan, Kemampuan Mengajar dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Eris, Sandhi Widyasto. 2018. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Atletik di SMP Negeri 1 Ngaglik. Yogyakarta: FIK UNY.

Rivai, Veithzal. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subroto, Toto. 1999, Pemantapan Kemampuan Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sudjana, Nana. 2004, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Indonesian) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 rekha ratri julianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .