Analaisis Faktor Antropometri, Biomotor Dan Psikomotor Terhadap Lemparan Pointing Olahraga Petanque Atlet Porprov

Authors

  • Arif Kustiawan Program Studi Penjaskesrek, STKIP Modern Ngawi
  • Bima Satria Perkasa Program Studi Penjaskesrek, STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2041

Keywords:

Petanque, Pointing, Antropometri, Biomotor, Psikomotor

Abstract

Petanque merupakan cabang dari olahraga prestasi yang ada di Indonesia khususnya di Jawa Timur. Olahraga petanque memiliki salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh atlet yaitu adalah lemparan pointing. Untuk melakukan lemparan pointing terdapat faktor dari ranah antropometri, biomotor dan psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor daipada ranah antropometri, biomotor dan psikomotor yang paling dominan terhadap lemparan pointing olahraga petanque dari variabel diatas diambil indikator indikator berupa tes yang ditempuh oleh atlet petanque Kabupaten Ngawi yang berjumlah 13 (N:13).Metode yang digunakan dalam analisis ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data mengginakan teknik observasi dan mengumpulkan hasil dari observasi.Dari hasil penelitian yang dilakukan maka variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap lemparan pointing olahraga petanque adalah dari ranah antopometri rentang lengan dengan nilai thitung 6,428, dari ranah biomotor push up dengan nilai thitung 12,920 serta dari ranah psikomotor adalah lari multitahap dengan nilai thitung adalah 2,609.

 

DOI: 10.29408/porkes.v3i1.2041

References

Hermawan, I. (2015). Pengaruh Antropometri, Kemampuan Biomotor, Ukuran Dayung Kayak Dan Tingkat Keseimbangan TerhadaP. 57-63.

Jakarta Petanque Club. (n.d.). Retrieved from Jakarta Petanque Club Indonesia: http://www.jakartapetanque.com/petanque/general-rules/

Juhanis, B, B., & Nur, M. (2017). Pelatihan Teknik Dasar dan Sosialisasi Peraturan Permaian Olahraga Petanque pada Mahasiswa FIK UNM Makassar. Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Mutohir, T. C., & Maksum, A. (2007). Sport Development Index. Jakarta: Kemenpora.

Suwanto, W. (2019). Pengembangan Olahraga Petanque Di Jawa Tengah. Surakarta: unpablisher.

Usnata, N. (2018). Tingkat Antropometri Dan Biomotor Atlet Bolavoli Pbv. Surabaya Bayangkara Samator. Jurnal Prestasi Olahraga, 1-10.

UU No 3 Tahun, 2. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Presiden RI, 1-53.

Wibowo, W., & Hafidz, A. (n.d.). Kontribusi Panjang Lengan, Koordinasi Mata Tangan, Dan Konsentrasi Terhadap Ketepatan Pointing Pada Olahraga Petanque. Petanque, 1-6.

Widiastuti. (2017). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2020-06-30

How to Cite

Kustiawan, A., & Perkasa, B. S. (2020). Analaisis Faktor Antropometri, Biomotor Dan Psikomotor Terhadap Lemparan Pointing Olahraga Petanque Atlet Porprov. Jurnal Porkes, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2041

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.