Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Kartu Seri Bergambar Pada Siswa Kelas III SDN 3 Surabaya Kecamatan Sakra Timur

Sulhanudin Sulhanudin

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengangkat tentang bagaimana guru dapat mengajarkan materi menulis karangan sederhana di sekolah dengan maksud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang dilakukan di sekolah dan evaluasinya dilakukan melalui kegiatan penggunaan media kartu seri bergambar. Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 3 Surabaya selama 3 bulan yaitu mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2021 dengan melalui tahapan-tahapan siklus. Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kartu seri bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana. Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana dengan mencapai standar ideal. Pada siklus I peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media kartu seri bergambar mencapai sekitar 67 % pada siklus II dapat meningkat menjadi 93 %. Skor rata-rata yang diperoleh setelah dilakukan supervisi kelas pada siklus I sebesar 71 dan meningkat pada siklus II menjadi 85, berarti ada peningkatan sebesar 21 dan tingkat ketuntasan secara kelompok/klasikal pada siklus I mencapai 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 95 %. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu seri bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana.

Full Text:

PDF

References


Daeni, E. I. (2020). Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Di Kelompok B2 TK Darussalam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 500-503.

Rani, A. N. A., Risyak, B., & Sasmiati, S. (2015). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(6).

Ramadanti, E., & Arifin, Z. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan. Kindergarten: Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 173-187.

Wardhani, R. (2015). Penggunaan Media Kartu Bergambar Dalam Pengembangan Materi Ajar Buku Hanyu Tingli Jiaocheng Untuk Mata Kuliah Menyimak I Dan Ii Bahasa Mandarin. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 5(1), 41-49.

Heryanti, H. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Materi Mengidentifikasi Benua-Benua Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Vi Sdn Sukadanau 05 Kabupaten Bekasi. Pedagogiana, 8(4), 325541.

Larasari, P. A., Bachtiar, I. G., & Jaya, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Dengan Autisme Melalui Media Lotto Bergambar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(1), 105-112.

Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.

Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Academica: Journal Of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu Dan Mengapa Dipersoalkan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.