Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dalam Kehadiran Di Sekolah Melalui Reward Dan Punishment Melalui Supervisi Akademik Di SDN 2 Lepak Kecamatan Sakra

H Jamuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk / ingin Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru  Dalam Kehadiran Di Sekolah Melalui Reward Dan Punishment Melalui  Supervisi Akademik Di  SDN 2 Lepak Kecamatan Sakra Timur Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Sekolah (PTS). Penelitian tindakan sekolah (PTS) merupakan suatu  proses investigasi terkendali yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri yang dilakukan oleh kepala sekolah yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, Kemampuan, atau situasi pembelajaran. Dari hasil kegiatan pembinaan yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan Penerapan Reward Dan Punishment Melalui  Supervisi Akademik dapat meningkatkan Kedisiplinan Guru  Dalam Kehadiran Di Sekolah Melalui Di  SDN 2 Lepak Kecamatan Sakra Timur

Keywords


Kedisiplinan Guru; Reward; Punishment

Full Text:

PDF

References


Eros, E. (2014). Pengaruh motivasi dan kedisiplinan kerja guru terhadap kinerja guru di smp negeri kecamatan brebes kabupaten brebes jawa tengah. Jurnal Administrasi Publik dan Birokrasi, 1(1), 72280.

Karmelia, R., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2019). Pelaksanaan Kedisiplinan Guru PAUD Di Gugus Asoka. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 161-170.

Kasih, R. C. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(4).

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Nashir, A. (2016). Pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 21-28.

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3758-3768.

Rahayu, S., Sutama, S., & Narimo, S. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kedisiplinan Guru Smpn Kota Surakarta. Manajemen Pendidikan, 9(2), 97-107.

Rahmanto, A. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Guru Melalui Pemberian Reward Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2).

Sulistyo, B., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (Plpg), Kedisiplinan Guru, Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smp Masehi Jepara. Journal of Management, 2(2).

Susanty, F. (2021). POLA PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN DALAM MENDIDIK ANAK MENURUT PENDIDIKAN ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 71-82.

Utami, U. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Guru Melalui Budaya Semangat Pagi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.