Peningkatan Disiplin Guru SD Negeri 1 Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penerapan Supervisi Berbasis Jaringan

Supratman Supratman

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang mengangkat tentang bagaimana guru dapat menerapkan sikap disiplin di sekolah dengan maksud dapat meningkatkan kualitas kinerja yang dilakukan di sekolah dan evaluasinya dilakukan melalui kegiatan supervisi kepala sekolah di sekolah dengan moda daring. Kegiatan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan di SDN 1 Gelanggang selama 3 bulan yaitu mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2021 dengan melalui tahapan-tahapan siklus. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yang diikuti dengan pemberian pembinaan/perlakuan terhadap guru-guru sasaran dapat meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.  Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan disiplin guru  dengan mencapai standar ideal. Pada siklus I peningkatan kemampuan guru setelah dilakukan supervisi berbasis jaringan, setelah dilakukan pembinaan tentang disiplin baru mencapai sekitar 37,5 % pada siklus II dapat meningkat menjadi 100 %. Skor rata-rata yang diperoleh setelah dilakukan supervisi kelas pada siklus I sebesar 67,50 dan meningkat pada siklus II menjadi 84, berarti ada peningkatan sebesar 15,5 dan tingkat ketuntasan secara kelompok/klasikal pada siklus I mencapai 37,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa pembinaan kepala sekolah dapat meningkatkan disiplin guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di sekolah.


Keywords


Disiplin Guru, Supervisi Berbasis Jaringan

Full Text:

PDF

References


Agustin Dwi Astuti. Irmin, dkk. 2016. Modul Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android. Universitas Indra Prasata Jakarta (Tidak dterbitkan).

Gunawan. Rony K. 2001. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia untuk SD, SLTP, Umum. Surabaya: Terbit Terang.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Sadiman, Arief S. 2002. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suharto. Karti, 2003. Teknologi Pembelajaran, Surabaya: SIC.

Sudjana.Nana. 2001. Media Pengajaran, Bandung: Sina Baru Algensindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Suluh Edukasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.