HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS III

Authors

  • Lailatul Qadariah Universitas Hamzanwadi
  • A Aswasulasikin (Scopus ID: 57216747140) Universitas Hamzanwadi
  • Doni Septu Marsa Ibrahim Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni

Keywords:

Lingkungan Sosial, Hasil Belajar, PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar siwa mata pelajaran PKN kelas III SDN 1 Setanggor Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian ex post facto Korelasional. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa SDN 1 Setanggor dengan sampel menggunakan siswa kelas III berjumlah 15 orang siswa dan siswi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik penyebaran soal Tes PKN, angket, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan iji hipotesis. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov smirnov, uji linier menggunakan analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji hipotesis, hubungan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar memberikan sumbangan sebesar 66,9% dengan thitung =0,817 dan nilai signifikan 0,05. Sedangkan sumbangan sebesar 33% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan anatara lingkungan sosial dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PKN kelas III Tahun ajaran 2021/2022, sehingga mempunyai korelasi Positif.

References

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187.

Mashuri, I., Faishol, R., & Rofiq, A. (2021). Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Banyuwangi dalam Pembelajaran Materi Akidah Akhlak Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match dan Picture and Picture. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(1), 39–53.

Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 895–902.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Wihardjo, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Penerbit NEM.

Downloads

Published

2022-08-11