PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mustika Nurma Harliana
  • Muhamad Ali (SCOPUS ID: 57205709808), Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Khairul Wazni

Keywords:

Penelitian, Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Tematik

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi tematik kelas V SDN Anggaraksa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan 7 tahap pengembangan. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 2 Anggaraksa yang terdiri dari kelas Va untuk uji coba skala besar dengan jumlah siswa 20 siswa dan kelas Vb untuk uji coba skala kecil dengan jumlah 10 siswa. Penilaian produk dilihat dari segi materi, tampilan, dan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Angket respon siswa secara keseluruhan pada uji coba skala besar diperoleh  skor 920, rerata skor ideal 46 dan simpangan baku 0,71  kategori “setuju” dengan rentang skor   46. Sedangkan angket respon siswa keseluruhan pada uji coba skala kecil diperoleh skor 469, rerata skor ideal 46,9 dan simpangan baku 0,45 kategori “setuju” dengan rentang skor   46,9. Data yang diperoleh dari hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 85% untuk uji coba skala besar dan uji coba skala kecil mencapai ketuntasan 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa  media pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada materi tematik kelas V SDN 2 Anggaraksa layak digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).

Author Biography

Muhamad Ali, (SCOPUS ID: 57205709808), Universitas Hamzanwadi

References

Adihiesta, Kurnia Fikri. (2016). Pengembangan Multimedia IPA berbasis Flash untuk meningkatkan Literasi Sains siswa SMP.

Amir, Hamzah. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi

Andi, Ibrahim. Asrul, Hak. Baharudin. Madi. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Guna Darma llmu.

Ani, Cahyadi. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasih: Penerbit Laksita Indonesia.

Asis, Saefuddin. (2015). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Azhar, Asyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Albartus, Nur Cahaya Nugraha. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII.

Djemari, Mardapi. (2008). Teknik Pennyusunan Intrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mintra Cendikia Offset

Ega, Rima Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena

Eko, Putro WOdoyoko. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamdan, Hesein Batubara. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing

I, Kadek Suartama. (2016). Produksi Media Sederhana. Bali: DIPA FIP Undhiksa

I, Made Parsa. (2017). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Kupang: CV Rasi Terbit

Irjus, Indrawan. Hadion, Wijoyo. Edi, Wardani. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jawa Tengah: Penerbit CV Pena Persada

Muhammad, Fathurrohman. Sulitryorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Succes Offset

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Wahyu, Iskandar. Nura, Azkia. Himmatul, Hasanah. (2019). Konsep Pembelajaran Tematik. Yogyakarta: Penerbit K-Media

Wandah, Wibanto. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif

Widodo, Dwi Riyanto (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Matematika kelas III di SD Muhammadiyah 1 Ngawi”

Downloads

Published

2022-08-14